IBL

Dallas Mavericks mesti kehilangan sosok legendaris seperti Dirk Nowitzki. Pemain asal Jerman itu memutuskan pensiun pada 2018-2019. Namun, sebagai gantinya, Mavericks mendapatkan Luka Doncic. Pemain tahun kedua itu merupakan calon bintang NBA.

Legenda NBA Julius Erving, misalnya, menilai Doncic sebagai pengganti yang pas bagi Nowitzki. Doncic memiliki kualitas seperti itu. Apalagi setelah meraih gelar Rookie of the Year musim lalu.

“Luka mungkin belum masuk ke jajaran 10 besar. Dia baru bermain selama satu musim dan tampil hebat sebagai ruki dan cukup fenomenal,” kata Erving per Fanatic View.

Pada 2018-2019, Doncic tampil dalam 72 pertandingan reguler. Ia mencetak rata-rata 21,2 poin, 7,8 rebound, 6 asis, dan 1,1 steal. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 42,7 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 49,7 persen. True shooting percentage 54,5 persen.

Dengan statistik seperti itu, Doncic menjadi wajah utama Mavericks. Ia merupakan pemain terbaik mereka musim lalu. Doncic bahkan meraih gelar ruki terbaik mengalahkan Trae Young dari Atlanta Hawks. Ia juga masuk ke jajaran All-Rookie First Team tanpa cela. Nilainya sempurna.

Mavericks akan kembali mengandalkan Doncic musim depan. Mereka bahkan membentuk tim untuk mendukung permainannya. Salah satunya dengan merekrut Kristaps Porzingis untuk membantunya.

Seandainya Doncic bisa lebih berkembang lagi, Erving percaya sang pemain akan menjadi superstar. Nowitzki meraih status itu di usia prima. Doncic mungkin bisa lebih cepat. Mengingat pemain Slovenia itu sudah bermain sebagai profesional sejak remaja. (put)

Foto: NBA

Komentar