IBL

Cory Joseph dikabarkan mengundurkan diri dari tim nasional Kanada menjelang Piala Dunia 2019. Namun, komentator Australia John Casey, mengatakan itu tidak benar. Ia mendapat kabar dari Kepala Pelatih Kanada Nick Nurse bahwa Joseph tetap ikut terbang ke Cina untuk tampil di kejuaraan dunia pada 31 Agustus 2019 ini.

Nurse sendiri telah menghubungi Joseph. Ia memastikan anak asuhnya itu akan ikut bela negara. Apalagi Joseph juga sudah mengikuti kamp latihan. Ia bahkan tampil ketika Kanada menghadapi Nigeria dalam pertandingan ekshibisi.   

Kendati demikian, Josep tidak ikut terbang ke Australia bersama rekan-rekan setimnya. Ia memiliki urusan pribadi sehingga tidak bisa terbang ke sana untuk tampil dalam pertandingan ekshibisi lainnya. Namun, sang pemain akan menyusul rekan-rekannya sebelum kejuaraan dunia dimulai.

Joseph sendiri cukup sibuk pada musim panas ini. Ia harus meninggalkan tim lamanya, Indiana Pacers, untuk merapat ke Sacramento. Sebab, Kings merekrutnya dengan kontrak tiga tahun. Itu artinya, ia juga harus mempersiapkan diri dengan lingkungan baru menjelang 2019-2020.

Meski begitu, Joseph tidak sampai hati meninggalkan Kanada seperti yang lainnya. Ia akan membela timnas sebelum kembali ke klub untuk mempersiapkan diri. Padahal itu akan membuatnya tambah sibuk.

Kanada memang banyak kehilangan pemainnya pada Piala Dunia tahun ini. Beberapa pemain itu mengundurkan diri karena berbagai macam alasan. Jamal Murray dan Kelly Olynyk, misalnya, mengundurkan diri karena cedera.

Sementara itu, pemain NBA lain seperti Tristan Thompson, Trey Lyles, dan Shai Gilgeous-Alexander tidak bisa membela negara karena hendak mempersiapkan diri untuk musim baru. Ruki R.J. Barrett juga tengah memulihkan diri sekaligus mempersiapkan musim perdananya di NBA. Khem Birch, senter-forwarda Orlando Magic, akan tetap ikut sehingga Kanada kini memiliki dua pemain NBA dalam rosternya.

Kanada akan menghadapi tiga negara yang tergabung dalam grup H. Mereka adalah Australia, Senegal, dan Lithuania. Seandainya berhasil menjadi tim dua teratas di grup itu, Kanada akan bermain melawan tim dari grup G pada babak berikutnya. (put)

Foto: NBA

Komentar