IBL

Piala Dunia 2019 tidak sampai sebulan lagi. Namun, Amerika Serikat terus kehilangan pemainnya. De’Aaron Fox dan P.J. Tucker mengundurkan diri dari tim nasional.

Fox mengundurkan diri pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Ia melakukan itu karena ingin fokus menyongsong NBA 2019-2020. Fox ingin mengantarkan Sacramento Kings ke playoff musim depan. Ia perlu menyiapkan diri.

Sementara itu, Tucker pada dasarnya tidak hendak mengundurkan diri. Sayangnya, ia mengalami cedera sehingga harus menepi. Tucker mengalami cedera engkel. Ia pun menyusul dua rekannya di Houston Rockets, James Harden dan Eric Gordon, yang sudah lebih dulu mengundurkan diri.

Kehilangan Fox dan Tucker tentu menjadi pukulan bagi timnas Amerika Serikat. Fox, terutama, disebut-sebut sebagai harapan masa depan Negeri Pamas Sam di kejuaraan internasional. Kepala Pelatih Kings Luke Walton bahkan mendorongnya untuk mengikuti Piala Dunia. Apalagi setelah menunjukkan performa positif selama kamp latihan pada Agustus ini.

Kendati begitu, menit bermain Fox bersama timnas Amerika Serikat memang tidak begitu banyak. Ia hanya tampil selama enam menit ketika melawan Spanyol dalam pertandingan uji coba. Itu merupakan menit bermain terendah di antara pemain Amerika Serikat lainnya.

Tucker, di sisi lain, tidak sempat mengikuti pertandingan uji coba melawan Spanyol. Ia mengalami cedera engkel sebelum pertandingan itu digelar. Akibatnya, ia harus melewati pertandingan sekaligus kamp latihan sampai selesai.

Dengan mundurnya kedua pemain itu, timnas Amerika Serikat kini hanya punya sisa 13 pemain. Mereka akan memangkasnya menjadi 12 saja untuk Piala Dunia. Itu artinya, ada satu pemain yang nantinya tidak bisa mengikuti kejuaraan internasional.

Piala Dunia akan dimulai pada 31 Agustus. Timnas Amerika Serikat masih punya beberapa agenda menjelang pergi ke Cina. Salah satunya mengikuti pertandingan uji coba melawan Australia dan Kanada minggu depan. (put)

Foto: USAB

Komentar