IBL

Perjalanan pencarian tim baru untuk Jeremy Lin sepertinya semakin mendekati akhir. Pemain yang meraih gelar juara NBA 2019 ini dikabarkan semakin dekat untuk bermain di Chinese Basketball Association (CBA) membela Beijing Ducks. Dilaporkan oleh Southern China Morning Post, Jeremy mendapatkan penawaran lebih dari AS$3 juta untuk satu musim.

Dalam beberapa laporan sebelumnya, Jeremy memang sudah membuka kemungkinan untuk bermain di CBA. Beberapa tim juga terus dikaitkan dengannya meski Jeremy juga sudah membantah bahwa tidak ada yang resmi sampai ia dan perwakilannya memberikan pengumuman. Namun, laporan kali ini bisa dibilang menjadi laporan pertama yang menyebutkan besaran gaji yang akan diterima olehnya.

CBA bukanlah hal baru bagi pemain berusia 30 tahun ini. Pada 2011 lalu, saat NBA mengalami penundaan laga karena belum menemukan kesepakatan baru untuk gaji pemain, Jeremy memutuskan bermain di Cina. Kala itu, ia membela Dongguan Leopards. Tak hanya bermain biasa, di akhir turnamen ia berhasil meraih gelar MVP.

Beijing Ducks sendiri bukanlah tim yang asing dengan mantan pemain NBA. Dalam kurun 2011—2017 Ducks menggunakan jasa Stephon Marbury. Stephon bisa dibilang menjadi “pembuka jalan” bagi para bintang NBA yang memasuki masa senja untuk melanjutkan karir di Cina. Hasilnya, Ducks berhasil meraih dua gelar juara bersama Stephon.

Bermain di Cina tak sepenuhnya buruk untuk pemain NBA. Beberapa pemain seperti J.R. Smith, Brandon Jennings, Michael Beasley, hingga Emmanuel Mudiay justru berhasil mendapatkan panggilan kembali ke NBA di tengah atau bahkan mendekati akhir musim. Di sisi lain, bermain di Cina juga semakin menambah besar pamor mereka sebagai seorang pemain terutama di daratan Asia. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar