IBL

Joseph Tsai sepakat membeli sisa saham Brooklyn Nets dari hartawan Rusia Mikhail Prokhorov. Namun, sebelum itu, ia harus membeli Barclays Center. Tsai membeli arena itu sebagai syarat memiliki Nets sepenuhnya.

Detail kesepakatan Tsai dengan Prokhorov sebenarnya belum diketahui. Menurut laporan Associated Press, Tsai setuju untuk membayar sisa saham Nets yang mencapai 51 persen dengan mahar AS$2,35 miliar. Sementara itu, untuk Barclay Center, Tsai mesti merogoh kocek hingga AS$1 miliar.

Tsai sendiri adalah hartawan asal Cina. Ia merupakan salah satu pendiri niaga-el Alibaba. Ia telah memiliki 49 persen saham Nets pada 2018, dengan opsi menjadi pemilik sepenuhnya dalam waktu empat tahun. Namun, Tsai rupanya sudah tidak sabar untuk benar-benar mengendalikan Nets. Ia mengakuisisi mereka lebih cepat.

Prokhorov, di sisi lain, merupakan pemilik klub berstatus warga negara non-Amerika Serikat pertama di NBA. Ia membeli Nets dari New Jersey, lalu memindahkannya ke Brooklyn. Prokhorov sempat menghabiskan banyak hal dalam beberapa tahun pertama untuk mengejar gelar juara, tetapi mereka justru terpuruk. Nets baru bisa kembali ke playoff pada 2018-2019 setelah absen tiga musim beruntun sebelumnya.

Kesepakatan Tsai dan Prokhorov kabarnya akan rampung pada September mendatang. Mereka akan melibatkan Dewan Pengurus NBA untuk mengesahkan itu. Tsai tengah berusaha melibatkan semuanya untuk mengakuisisi Nets.

Seandainya kesepakatan itu rampung sesuai jadwal, Tsai berarti akan punya kendali penuh ketika Nets mampir ke Cina pada Oktober nanti. Mereka ke sana untuk tampil dalam pertandingan ekshibisi melawan Los Angeles Lakers. Kebetulan Tsai juga merupakan anggota NBA Cina.

Dengan upaya pembelian saham Nets itu pula, nama Tsai semakin mentereng di Amerika Serikat. Ia menancapkan dirinya dalam salah satu akar bisnis NBA. Tsai menegaskan bahwa ia akan mengambil andil dalam perkembangan NBA, termasuk perkembangannya di Cina. (put)

Foto: NBA

Komentar