IBL

Kyle Lowry, garda utama Toronto Raptors, berniat membela tim nasional Amerika Serikat pada Piala Dunia 2019. Namun, kondisi kesehatannya ternyata tidak mendukungnya. Lowry belum mendapat persetujuan tim dokter selepas naik meja operasi pada musim panas ini.

Lowry kini tengah memulihkan diri dari cedera ibu jari tangannya. Ia sebenarnya sudah mengalami cedera itu ketika menghadapi Philadelphia 76ers saat bermain di playoff lalu. Namun, baru dioperasi setelah liga selesai dan Raptors menjadi juara NBA.

Pascaoperasi, Lowry berharap cederanya bisa sembuh dengan cepat. Ia bahkan memenuhi panggilan timnas meski belum bisa mengikuti kamp latihan. Ia berusaha untuk tetap dekat dengan mereka sampai tim dokter menyatakan kondisinya cukup sehat untuk mengikuti kegiatan. Sayangnya, mereka tidak juga melakukan itu sehingga Lowry terpaksa mundur untuk fokus pada pemulihan.

“Saya berharap bisa membela timnas untuk mempertahankan gelar pada turnamen yang akan datang,” kata Lowry melalui akun Instagramnya. “Saya senang bermain dengan timnas Amerika Serikat, tetapi saya harus mundur kali ini dan mendukung tim dari rumah saja. Pada akhirnya, saya percaya tim ini akan menjadi tim yang hebat dan menyabet medali emas untuk negara kami.”  

Motivasi Lowry untuk menjadi juara sebenarnya sedang tinggi-tingginya. Apalagi selepas menjadi juara NBA 2018-2019. Lowry bahkan masih mau membela timnas di saat bintang NBA lainnya berbondong-bondong mengundurkan diri.

Dengan mundurnya Lowry, timnas Amerika Serikat berarti sudah kehilangan dua pemainnya dalam dua hari beruntun. Sebelumnya, Marvin Bagley III juga melakukan hal yang sama. Ia mengatakan ingin fokus menyiapkan diri untuk NBA 2019-2020.

Meski begitu, timnas Amerika Serikat masih jadi favorit juara. Mengingat mereka punya stok pemain melimpah. Mereka juga dilatih oleh salah satu pelatih terbaik di dunia, yaitu Gregg Popovich.

Saat ini, timnas Amerika Serikat tengah menggelar kamp latihan. Kamp itu akan berlangsung sampai akhir Agustus, dengan pertandingan uji coba melawan Spanyol, Australia, dan Kanada. Sementara Piala Dunia baru akan mulai pada 31 Agustus mendatang. (put)

Foto: NBA

Komentar