IBL

Tim nasional (timnas) Amerika Serikat terus mendapatkan sorotan jelang mengikuti Piala Dunia FIBA 2019 yang akan digelar di CIna, akhir Agustus nanti. Bagaimana tidak, dari 20 nama pemain yang mereka panggil beberapa waktu lalu untuk pemusatan latihan, lebih dari separuhnya telah mengundurkan diri. Bahkan, dari 20 nama tersebut, kini hanya tersisa 11 pemain.

Anthony Davis, James Harden, Eric Gordon, Bradley Beal, Damian Lillard, C.J. McCollum, Andre Drummond, Kevin Love, hingga Tobias Harris dan Paul Millsap adalah deretan nama yang mengundurkan diri. Selain Beal yang mundur karena alasan keluarga, semua pemain mundur dengan alasan persiapan menghadapi musim baru NBA.

Melihat fenomena ini, manajer timnas Amerika Serikat, Jerry Colangelo pun angkat bicara. Kepada New York Times, Jerry mengatakan bahwa ia tidak bisa merubah keputusan pemain tersebut. Ia kini hanya perlu mempersiapkan para pemain pengganti yang siap bermain. “Saya ingin menjaga fokus kepada pemain-pemain yang ada dan hadir di sini, bukan kepada mereka yang tidak ada di sini,”terangnya.

“Jangan menilai buku dari sampulnya. Saya tahu beberapa orang di luar sana mengira kami akan membawa beberapa kelemahan. Namun, mereka lupa bahwa kini kami akan datang dengan deretan pemain muda yang luar biasa. Saya bahkan yakin beberapa pemain muda di sini akan siap tampil mengejutkan di sana. Saya rasa timnas Amerika Serikat akan baik-baik saja.”

Kekhawatiran yang ditunjukkan banyak pihak memang masuk akal. Pasalnya, timnas kali ini hanya dihuni satu pemain yang masuk dalam deretan All-NBA Team, Kemba Walkers. Lalu , dari 20 nama pemain Amerika Serikat yang terpilih di laga NBA All Star tahun lalu, hanya dua yang tersisa di tim, Kemba dan Khris Middleton. Jumlah ini bisa bertambah jika Kyle Lowry berhasil sembuh tepat waktu usai operasi ibu jari yang ia lakukan.

Di sisi lain, tim-tim lain juga tampak berpeluang mengejutkan Amerika Serikat. Spanyol masih datang dengan duet Gasol bersaudara, Pau dan Mac. Lalu Prancis akan dipimpin oleh Rudy Gobert. Kanada dengan Jamal Murray dan deretan pemain NBA lainnya. Meski Ben Simmons menarik diri, Australia masih berpeluang mengejutkan dengan mengandalkan pemain seperti Patty Mills dan Joe Ingles. (DRMK)

Foto: USA Basketball

Komentar