IBL

Tim putra dan putri SMA Don Bosco ibarat raja dan ratunya bola basket pelajar di Padang. Mereka selalu berhasil keluar sebagai juara Honda DBL West Sumatera Series. Kedua tim itu bahkan kembali ke final pada 2019 ini.

Tim putri SMA Don Bosco masuk ke final lebih dulu. Mereka mengalahkan SMA Adabiah 2 Padang dengan skor 41-36. Kemenangan itu mereka dapat setelah berjuang selama empat kuarter melawan gempuran serangan pemain-pemain lawan.

Menurut Pelatih Audy Pahala, tim putri SMA Don Bosco memenangkan pertandingan itu karena mereka berhasil menekan lawan. Audy meminta anak-anak asuhnya supaya menguras stamina para pemain SMA Adabiah 2 Padang. Sementara mereka sendiri berusaha bermain dengan tempo yang lebih lambat, tetapi pasti sampai tujuan.

“Kami memang mengajak mereka bermain lambat,” kata Audy usai pertandingan. “Karena kami tahu main cepat itu adalah habit-nya dia (SMA Adabiah 2 Padang). Dia tendesius mengajak main cepat. Kami tidak mau main cepat, kami maunya lambat. Kami memanfaatkan kelelahan mereka saja sambil menurunkan tempo.”

Kendati memenangkan pertandingan, Audi dan pemainnya bukan tidak mendapat tekanan. SMA Adabiah 2 Padang bahkan sempat mengintimidasi. Mereka selalu berhasil mengejar ketinggalan walau akhirnya tumbang lima poin.

Pelatih Afri Kanadi kemudian mengungkapkan alasan kekalahan SMA Adabiah 2 Padang. Menurut Afri, tim putri sekolah mereka tidak memiliki kedalaman skuat yang mumpuni. Akibatnya, ketika para starter ditarik dari lapangan, para cadangan tidak bisa menggantikan mereka dengan baik. Saat itulah timnya mengalami kesulitan.

Sementara itu, di sisi putra, SMA Don Bosco benar-benar mendominasi. Mereka tidak pernah tertinggal sekalipun. SMA Don Bosco bahkan menang dengan margin lebar 56-22. SMAN 2 Padang yang menjadi seteru mereka saat itu bukanlah lawan sepadan.

Dengan kemenangan itu, SMA Don Bosco berkesempatan untuk mengawinkan gelar. Tim putra dan putri mereka tampil di final. Tim putra akan berhadapan dengan finalis debutan, yaitu MA Ar-Risalah Padang. Sementara tim putri harus bertemu SMAN 10 Padang. (put)

Foto: Gilang Adi Nugraha/DBL Indonesia

Komentar