IBL

Tim nasional Amerika Serikat mesti kehilangan beberapa pemain. Para pemain yang mestinya menghadiri kamp latihan untuk Piala Dunia 2019 itu berbondong-bondong mengundurkan diri. Amerika Serikat pun berusaha mencari penggantinya. Namun, Carmelo Anthony, salah satu penggawa timnas terdahulu, tidak ada dalam daftar panggilan.

Pamor Anthony belakangan ini memang jatuh. Timnas Amerika Serikat tidak tertarik memanggilnya. Anthony bahkan tidak menarik di mata klub-klub NBA. Setelah bermain untuk Houston Rockets pada 2018-2019, ia belum punya tim lagi.

Anthony tampil terakhir kali pada 8 November 2018. Rockets berpisah dengannya sambil mencari jalan keluar untuk melakukan pertukaran. Sayangnya, mereka tidak berhasil melakukan itu karena tidak ada klub yang menginginkannya. Anthony pun berada di bawah naungan Rockets sampai Januari 2019, meski tidak tampil sekalipun sepanjang tahun ini.

Pada awal tahun itu, Rockets akhirnya berhasil menukar Anthony sekaligus hak pilih Jon Diebler dan sejumlah uang ke Chicago Bulls. Tim asal Houston itu mendapat imbalan hak pilih Tadija Dragicevic. Sementara Bulls—yang tidak berniat memainkan Anthony—segera melepas Anthony pada Februari.

Forwarda berusia 35 tahun itu kini menjadi pemain bebas. Ia bisa ke mana saja, tetapi klub-klub NBA belum juga ada yang mau merekrutnya. Sehingga nasib Anthony sangat tidak jelas di musim panas. Ia bisa saja kehilangan kariernya di NBA karena gagal menarik perhatian.

Anthony sebenarnya adalah seorang bintang. Ia masuk ke jajaran All-Star sebanyak 10 kali di NBA. Ia juara NCAA bersama Syracuse University. Dan merupakan NCAA Final Four Most Outstanding Player.

Bersama timnas, Anthony juga sempat berprestasi. Ia mengantarkan Amerika Serikat menyabet medali di berbagai ajang. Tiga emas di Olimpiade. Satu emas di Americas Championship. Dua perunggu di Olimpiade dan World Championship. Sayang, ia punya kesempatan menambah prestasinya. Sebab, timnas tidak lagi tertarik menggunakan jasanya.

Tanpa undangan timnas, Anthony berarti akan sibuk menghabiskan musim panasnya untuk mencari tim. Ia belum ingin berhenti. Ia ingin melanjutkan kariernya. Meski hingga kini kariernya masih misteri. (put)

Foto: NBA

Komentar