IBL

Hubungan wasit dan para pemain NBA semakin hari sepertinya semakin buruk. Beragam keputusan kontroversial yang dilakukan para wasit hingga tengah musim ini membuat beberapa pemain merasa kesal dan tak ragu untuk mengungkapkan kepada khalayak luas.

Draymond green, misalnya, sudah dengan sangat keras mengutarakan kekesalannya kepada wasit. Selang beberapa hari kemudian, NBA memberikan hukuman kepadanya berupa denda sebesar AS$25 ribu yang tentunya ditanggapi beragam oleh para pemain ataupun penggemar NBA.

Baca juga: Draymond Green Kritik Pedas Kepemimpinan Para Wasit NBA Musim Ini 

Terbaru, ada salah satu pemain bintang NBA yang kini bermain untuk panji Oklahoma City Thunder, Carmelo Anthony, yang melakukan hal serupa. Dalam lanjutan laga NBA yang digelar pagi tadi, Selasa 16 Januari 2018, Thunder memang berhasil memenangi laga dengan kedudukan akhir 95-88. Akan tetapi, sang kapten sekaligus MVP NBA musim lalu, Russell Westbrook, harus meninggalkan pertandingan lebih dulu karena dikeluarkan (ejected) oleh wasit. Selain itu, kepala pelatih Thunder, Billy Donovan, juga terkena satu technical foul.

Menanggapi hal itu, pemain yang akrab disapa Melo tersebut langsung mengutarakan kekesalannya kepada reporter seusai pertandingan. ”Aku selesai dengan mereka, bukannya tak menghargai, hanya saja aku tak mau berurusan dengan mereka, aku selesai,” ungkap Melo.

Melo sendiri sudah pernah berkomentar terkait tingkah para wasit NBA seminggu yang lalu. ”Pertandingan telah berubah sejak aku mulai berada di sini 15 tahun yang lalu. Kembali beberapa tahun lalu, pemain dan wasit selalu memilki waktu untuk melakukan diskusi, terkadang baik kami (pemain) atau wasit berbicara dalam tensi tinggi namun semua berakhir dengan baik,” ujar Melo kepada ESPN.

“Sekarang semuanya jauh berbeda, pemain melakukan kesalahan sedikit, wasit langsung memberi technical foul, kita protes, technical foul lagi, mereka memutuskan segalanya terlalu cepat tanpa ada diskusi dengan para pemian,” imbuh Melo.

Putusan yang diterima Westbrook tadi pagi serupa dengan penjelasan Melo kepada ESPN minggu lalu. Saat Westbrook sedang melakukan layup di antara dua pemain Kings, De’Aaron Fox dan Willie Cauley-Stein, bagian wajahnya terkena hempasan tangan Fox tanpa sengaja. Westbrook jatuh dengan tetap memegang bola sembari menutupi wajahnya yang terkena tangan Fox. Wasit meniup peluit yang ternyata bukan untuk pelanggaran, melainkan traveling yang dilakukan Westbrook. Sontak Westbrook meradang dan memprotes wasit yang terdekat dengan kejadian. Tanpa pikir panjang wasit memberinya dua technical foul langsung yang otomatis mengeluarkan Westbook dari pertandingan.

Merasa pemainnya diperlakukan semena-mena, Pelatih Donovan berusaha berdiskusi dengan wasit lain yang berada di seberang lapangan. Ia berteriak memanggil wasit tersebut, lalu sang wasit melihat ke arah Donovan dan malah langsung memberinya technical foul.

“Aku berusaha mendapatkan atensi dari wasit lainnya agar mereka mau mendengarkan pendapatku. Mereka bisa saja menyuruhku menunggu mereka untuk mendekat namun mereka malah memberiku technical foul. Aku telah melakukan hal ini (melatih) cukup lama, aku tahu kapan aku akan layak terkena technical foul atau pun tidak, dan yang satu ini jelas tidak layak,” ungkapan kekesalan lain yang datang dari coach Donovan sesuai pertandingan.

Perseteruan para wasit dengan pemain atau bahkan pelatih sepertinya belum akan mereda dalam waktu dekat. Harus ada langkah yang lebih kongkret dari NBA untuk menjembatani semua pihak demi kelancaran pertandingan-pertandingan selanjutnya.

“Saya rasa perubahan ini mengikuti perubahan permainan basket itu sendiri. Permainan semakin cepat, banyak perubahan gaya bermain, saya rasa wasit merasa tak lagi punya waktu untuk berdiskusi dengan para pemain di era sekarang,” tutup Melo kepada ESPN minggu lalu.

Foto: USA Today

Komentar