IBL

Milwaukee Bucks berusaha memenuhi skuatnya dengan beberapa pemain muda. Mereka bahkan merekrut Dragan Bender untuk melengkapi jajaran pemainnya. Forwarda 21 tahun itu pun akan membela Bucks pada 2019-2020.

Menurut Adrian Wojnarowski, ESPN, Bender sepakat merapat ke Milwaukee dengan kontrak dua tahun. Padahal sebelumnya ia hendak kembali ke Eropa. Sebab, ia mendapat tawaran dari tim Rusia.

Bender memang sempat berkarier di Benua Biru. Ia mengawali hal itu di kampung halamannya di Kroasia. Saat itu, Bender bermain dengan dua tim berbeda: Split dan Kastela.

Pemain berkebangsaan Kroasia itu kemudian merantau ke Israel. Ia mendapat tawaran dari Maccabi Tel Aviv yang berlaga di Israeli Premier League. Di sanalah Bender mulai berprestasi. Ia mengantarkan timnya menjuarai Israeli League Cup pada 2015, lalu Israeli State Cup pada 2015 dan 2016.

Pada 2016, Bender memutuskan untuk mengikuti NBA Draft. Phoenix Suns kebetulan memilihnya di urutan keempat. Bender saat itu merupakan pemain internasional terbaik yang ada dalam daftar NBA Draft. Ia terkenal sebagai pemain besar (bigman) dengan kemampuan menembak.

Bender pun tampil meyakinkan di dua musim pertamanya bersama Suns. Namun, tim asal Phoenix itu tidak juga menjadi tim yang mengerikan. Mereka selalu gagal ke playoff. Kehadiran Bender saja tidak cukup untuk membuat mereka naik level.

Pada 2018-2019, peran Bender rupanya semakin berkurang. Ia hanya tampil sebanyak 46 kali saat itu. Padahal sebelumnya bisa sampai 82 kali.

Meski sempat tampil meyakinkan, kontribusi Bender memang tidak besar. Selama tiga musim di NBA, ia hanya mencetak 5,3 poin, 4 rebound, dan 1,2 asis per pertandingan. Untungnya, persentase tembakan keseluruhannya bisa mencapai 44,7 persen. Efektivitasnya juga ada di angka 50,3 persen. Sementara true shooting percentage 52,1 persen. Itu membuktikan bahwa Bender memang memiliki kemampuan menembak yang cukup tinggi.

Kendati demikian, kemampuan itu tidak membuat Suns ingin terus mempertahankannya. Mereka melepasnya di akhir musim. Suns tidak memperpanjang kontraknya sehingga Bender menjadi pemain bebas. Saat itulah Bucks meminangnya.

Kini Bender sudah mendapatkan kontrak baru bersama Bucks. Ia akan melanjutkan kariernya di NBA. Setidaknya ia masih bisa bermain di liga tersohor itu selama dua tahun ke depan. (put)

Foto: NBA

Komentar