IBL

Golden State Warriors berusaha mengubah wajah mereka untuk mempertahankan dinasti. Namun, mereka harus membayar itu dengan mengakhiri sebuah era. Warriors melepas beberapa veteran yang telah mengantarkan mereka kepada kejayaan. Salah satunya Shaun Livingston.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Warriors melepas Livingston pada masa bebas 2019 ini. Garda utama veteran tersebut mengantungi garansi AS$2 juta dari gajinya yang mencapai AS$7,7 juta. Warriors perlu melepasnya untuk meluangkan ruang gaji mereka demi merekrut pemain lain.

Livingston, 33 tahun, sudah membela Warriors selama lima tahun. Ia telah mengantarkan timnya ke babak final sebanyak 5 kali dengan merebut 3 gelar juara pada 2015, 2017, dan 2018. Livingston menjelma garda pelapis yang sarat kontribusi, sehingga tempatnya sulit tergantikan selama periode itu.

Sayangnya, peran Livingston semakin berkurang, terutama pada 2018-2019. Ia tampil sebanyak 64 kali, tetapi hanya mencetak rata-rata 4 poin, 1,8 rebound, dan 1,8 asis dalam 15,1 menit. Ia bahkan gagal membantu Warriors mempertahankan gelar musim itu. Mereka tumbang 2-4 dari Toronto Raptors.

Kendati demikian, Livingston rupanya belum mau berhenti. Ia masih ingin melanjutkan kariernya sebagai pemain bola basket di NBA. Livingston akan mencoba mencari jalan lain di masa bebas ini. Ia berusaha mendapatkan tempat di tim potensi juara.

Selain Warriors, beberapa tim Wilayah Barat pada masa bebas ini melakukan pergerakan besar-besaran. Tim Los Angeles seperti Lakers dan Clippers semakin kuat di atas kertas dengan adanya pemain bintang. Denver Nuggets dan Portland Trail Blazers berusaha meningkatkan kekuatan tim dengan mempertahankan pemain utama, sekaligus mendatangkan pemain-pemain pembantu.

Sementara itu, Warriors sendiri telah mendapatkan bintang muda sekelas D’Angelo Russell lewat sistem rekrut dan tukar (sign and trade). Sayangnya, kedatangan sang pemain membuat forwarda veteran Andre Iguodala tersingkir. Mereka mengirimnya ke Memphis Grizzlies agar rekrut dan tukar itu terjadi.

Grizzlies kabarnya hendak melepas Iguodala. Namun, hingga kini kabar itu menguap. Iguodala belum juga dilepas. Nasib para pemain veteran ini simpang siur. Livingston pun akan begitu sampai ada tim yang mau merekrutnya. (put)

Foto: NBA

Komentar