IBL

Peluang Kevin Durant untuk bermain di musim 2019-2020 sebenarnya cukup kecil. Cedera Achilles yang melandanya pada Final NBA 2019 lalu diprediksi akan membuatnya absen dalam waktu yang lama bahkan hingga melewatkan satu musim. Namun, deretan prestasi dan pencapaiannya membuat ia masih menjadi bahan perbincangan dan incaran banyak tim di pasar pemain bebas kali ini.

Namun, tepat di pemubukaan pasar pemain bebas lalu, Durant telah menetapkan pilihannya kepada Brooklyn Nets. Ia bergabung dengan sesama pemain bebas berstatus superstar lainnya, Kyrie Irving. Keduanya menyepakati kontrak empat tahun dengan nilai yang tidak maksimal. Di samping keduanya, senter, Deandre Jordan juga merapat ke Nets.

Setelah kejutan tersebut, Minggu 7 Juli 2019, waktu setempat, Durant kembali membuat kejutan. Melalui unggahan di media sosial pribadinya, ia mengumumkan bahwa tak akan lagi menggunakan nomor punggung 35 bersama Nets. Ia memutuskan untuk berganti menggunakan nomor tujuh dengan tim yang bermarkas di Barclays Center ini.

Nomor 35 sendiri sudah cukup melekat dengan pribadi Durant. Ia sudah menggunakan nomor ini sejak di bangku kuliah bersama University of Texas. Terpilih di urutan kedua NBA Draft 2007 oleh Seattle Supersonics, nomor itu masih melekat dengannya. Sonics lantas berganti nama dan berpindah kota menjadi Oklahoma City Thunder, tapi Durant dan 35 masih setia di sana.

Terkahir, ia membuat seluruh penikmat basket di dunia geram dengan kepindahannya ke Golden State Warriors, tim yang semusim sebelumnya memiliki rekor (73-9). Ia membentuk tim super dan berhasil dua kali menjadi juara, semuanya dilakukan dengan nomor 35 melekat di jerseynya.

Menariknya, nomor tujuh sebenarnya tak cukup sering terlihat dengan Durant. Di level tim nasional, ia selalu menggunakan nomor punggung lima sejak pertama kali tampil di Piala Dunia FIBA 2010 di Turki. Namun, Durant sebenarnya sempat menggunakan topi dengan nomor tujuh tertulis pada sebuah jumpa wartawan beberapa waktu lalu.

Perpindahan nomor ini seolah benar-benar menandai bahwa Durant akan membuka lembaran baru atau bahkan menjadi sosok yang baru bersama Nets. Namun, seperti yang sudah tertulis di atas, para penikmat NBA harus bersabar untuk menanti Durant di lapangan. Penantian panjang yang layak untuk pemain dengan dua kali gelar juara, dua kali MVP final, dan MVP liga 2014. (DRMK)

Foto: NBA, Twitter @KDTrey5

 

Komentar