IBL

Zion Williamson, ruki New Orleans Pelicans, melakukan debutnya di NBA Summer League 2019. Ia tampil melawan New York Knicks yang diperkuat bekas rekan setimnya di Duke University, R.J. Barrett. Pertarungan dua pilihan teratas itu berlangsung di Thomas and Mack Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Jumat 5 Juli 2019 waktu setempat.

Williamson hanya tampil selama 9 menit 10 detik. Ia duduk di bangku cadangan dan tidak kembali bermain di paruh kedua. Lututnya dibelat es karena cedera ringan. Namun, ia berhasil mencetak 11 poin, 3 rebound, dan 1 steal di laga debutnya bersama Pelicans.

Sementara itu, Barrett tampil selama 24 menit 53 detik. Ia mencetak 10 poin, 5 rebound, dan 1 asis. Hanya saja, ia tidak mendapat sorotan yang intensif. Allonzo Trier dan Kevin Knox, pemain tahun kedua Knicks, merebut panggung dengan masing-masing 21 dan 17 poin. Barrett tenggelam karena penampilan kedua seniornya itu.

Kendati demikian, para pemain tidak bisa melanjutkan penampilan mereka. Sebab, gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter menghentikan laga itu. Papan skor berikut kabel-kabelnya pun bergoyang di langit-langit arena. Laga Pelicans versus Knicks terpaksa berhenti dengan sisa waktu 7 menit 53 detik di kuarter empat. Pelicans tengah unggul 80-74.

Semua orang yang berada di arena bereaksi setelah merasakan gempa itu. Garda utama Pelicans, Frank Jackson, misalnya, menjelaskan pandangannya. Ia melihat semua benda bergoyang.

“Saya sedang membawa bola, rasanya seperti seseorang mendorong pinggul saya, sehingga saya agak condong seperti ini, saya pikir, ‘Ya ampun, apa yang terjadi?’” kata Jackson, per NBA.com. “Kemudian saya melihat semuanya bergoyang.”

Kepala Pelatih Knicks David Fizdale, di sisi lain, merasakan hal yang sama. Ia bahkan sudah merasakan gempa itu dua kali. Sebab, bumi juga bergoyang kemarin.

“Saya tidak menyangka merasakan gempa dua kali beruntun,” ujar Fizdale.    

Selain laga Pelicans-Knicks, NBA juga menghentikan pertandingan Orlando Magic-San Antonio Spurs dan Phoenix Suns-Denver Nuggets. Mereka menghentikan laga demi keselamatan semua orang. NBA ingin berjaga-jaga seandainya gempa terjadi lagi.

“Keselamatan adalah prioritas pertama, kedua, dan ketiga,” ujar Direktur Eksekutif Summer League Warren LeGarie.

Pusat gempa itu sendiri terjadi di dekat Ridgecrest, California, Amerika Serikat—sekitar 321 kilometer dari Las Vegas. Gempa terasa seantero California sampai Nveada, dan menghentikan semua kegiatan. Laga baseball antara Los Angeles Dodgers dan San Diego Paders juga berhenti. Begitu pun laga WNBA di Las Vegas. (put)

Foto: NBA

Komentar