IBL

Ben Simmons telah melewati salah satu musim terbaiknya bersama Philadelphia 76ers setelah berkarier di NBA selama tiga tahun. Ia berusaha untuk kembali tangguh musim depan dengan berlatih di jeda musim. Ia bahkan berlatih dengan legenda Miami Heat dan calon Hall of Famer, Dwyane Wade.

Chris Johnson, seorang pelatih bola basket, mengunggah sebuah foto lewat Instagramnya @chrisjohnson pada 4 Juli 2019 waktu setempat. Dalam foto itu, ia tampak berpose dengan Simmons, Wade, dan seorang pelatih lainnya di sebuah lapangan. Johnson menyebutnya sebagai “Great day in Lab” (Hari yang hebat di lapangan).

Sebelum ini, Stephen A. Smith, ESPN, juga sempat mengatakan bahwa Simmons berlatih keras di jeda musim.

“Saya diberi tahu Rich Paul dari Klutch Sports bahwa ia sedang berlatih sangat, sangat keras, tidak seperti tahun lalu,” ujar Smith membeberkan kegiatan Simmons menurut agennya dalam acara First Take.

Upaya Simmons di jeda musim ini mendapat perhatian karena ia terkenal kurang disiplin. Isu itu bahkan ramai diperbincangkan ketika sang pemain baru masuk NBA pada 2016. Namun, sejak itu pula, Simmons berhasil membuktikan diri dengan menjadi bintang di Philadelphia.

Pada 2018-2019 saja, Simmons mampu tampil dalam 79 pertandingan sebagai starter Sixers. Ia mencetak 16,9 poin, 8,8 rebound, 7,7 asis, dan 1,4 steal per pertandingan di musim reguler. Garda utama Sixers itu kemudian mengantarkan timnya ke playoff, dan lolos sampai Semifinal Wilayah Timur. Mereka kalah dari Toronto Raptors yang menjadi juara tahun ini.

Pada musim yang sama, Simmons juga terpilih sebagai pemain NBA All-Star. Itu merupakan All-Star pertama dalam kariernya. Pencapaian itu sedikit demi sedikit menambah lemari prestasinya di NBA.

Meski berhasil menembus skuat All-Star, pemain berusia 22 tahun itu tidak mengalami perkembangan dalam hal menembak di area perimeter dan tripoin. Ia mencetak rata-rata belasan poin bermodalkan tembakan di bawah ring dengan persentase 56,3 persen. Simmons tidak pernah menembak dari perimeter dan hanya menembak 17 kali tripoin selama kariernya. Itu pun meleset semua.

Sementara itu, Sixers berharap Simmons kembali dengan hal baru, termasuk tembakannya. Sebab, mereka hendak mengejar gelar juara. Semua pemain diharapkan berkembang. Apalagi tim asal Philadelphia itu tengah berada di trek yang benar. Mereka telah membuktikan selama dua musim terakhir ini dengan selalu masuk ke playoff. (put)

Foto: NBA

Komentar