IBL

Perjalanan karier Michael Porter Jr. di NBA sangat berliku. Sejak terpilih lewat NBA Draft 2018, ia belum sempat tampil di kancah bola basket tersohor sedunia. Porter Jr. mengalami cedera punggung sedari kuliah.

Pemain berusia 21 tahun itu kemudian berangsur pulih di bawah pengawasan timnya, Denver Nuggets. Ia sebenarnya berencana untuk tampil di NBA Summer League 2019. Namun, nasibnya benar-benar sial. Ia mengalami cedera lagi ketika mengikuti uji coba dalam kamp mini kemarin, Rabu, 3 Juli 2019 waktu setempat.

Porter Jr. kali ini mengalami cedera karena keseleo. Ia melukai lututnya sehingga gagal tampil di Summer League Las Vegas pada 5—15 Juli mendatang. Ia kemungkinan baru bisa membela timnya pada turnamen pramusim atau bahkan NBA 2019-2020.

Kendati begitu, Nuggets terus memupuk optimisme mereka terhadap pemainnya. Mereka percaya Porter Jr. akan menjadi mampu membantu duo jagoan Nikola Jokic dan Jamal Murray. Porter Jr. bahkan cukup impresif dalam uji coba beberapa minggu ini. Cedera punggungnya tidak bermasalah lagi.

Porter Jr. sendiri berusaha untuk bangkit dari keterpurukan. Ia harus mengambil langkah mundur karena cedera yang dialaminya. Namun, selalu punya waktu untuk perlahan-lahan mengembangkan dirinya. Ia ingin siap tampil di NBA untuk pertama kalinya.

Forwarda kelahiran Columbia, Missouri, Amerika Serikat, 29 Juni 1998 itu mengalami cedera punggung ketika kuliah di University of Missouri. Kariernya di masa itu tidak begitu cerah karena masalah tersebut, tetapi terkenal karena kiprahnya saat SMA. Porter Jr. bahkan disebut-sebut sebagai pemain SMA berprospek tinggi. Ia diprediksi akan menjadi pilihan teratas di NBA Draft.

Sayangnya, pamor Porter Jr. jatuh. Tim-tim NBA tidak tertarik merekrutnya di 10 besar. Ia terjatuh di urutan 14. Nuggets memilihnya dengan harapan ia bisa pulih dan membantu mereka di masa depan.

Masa itu tampak semakin dekat ketika Porter Jr. berangsur pulih. Namun, cedera lutut harus menepikannya sekali lagi. Cedera itu tidak seserius kelihatannya. Hanya saja, itu cukup membuat kariernya semakin redup.

Untungnya, Nuggets masih optimis. Mereka akan menangani Porter Jr. sampai sembuh benar. Mereka masih percaya kepadanya. Porter Jr. akan menjawab itu di kemudian hari. Mungkin ketika turnamen pramusim. Mungkin pula ketika musim reguler. (put)

Foto: NBA

Komentar