IBL

Philadelphia 76ers mesti kehilangan Jimmy Butler yang merapat ke Miami Heat. Namun, mereka berhasil mendapatkan Al Horford di pasar pemain bebas. Kebetulan senter veteran itu tidak memperpanjang kontrak dengan Boston Celtics.

Adrian Wojnarowski, ESPN, melaporkan bahwa Horford akan menandatangani kontrak empat tahun senilai AS$109 juta. Sang senter belakangan ini memang mengincar kontrak berjangka waktu lama untuk mengamankan kariernya di NBA. Kontrak itu bahkan memiliki garansi sebesar AS$97 juta dan bonus AS$12 juta seandainya Sixers juara.

Horford termasuk senter veteran yang laku di pasar pemain bebas tahun ini. Beberapa tim sebelumnya juga tertarik untuk merekrutnya. Akan tetapi, pada akhirnya, hanya Sixers yang berhasil meluluhkan hati sang pemain.

Senter berusia 33 tahun itu masih laku di pasaran lantaran kemampuan sekaligus pengalamannya. Ia bisa bermain di posisi 4 dan 5 sambil beradaptasi dengan beberapa gaya permainan. Di Philadelphia, ia juga bisa membantu Sixers untuk merotasi posisi pemain besar bersama Joel Embiid dan Tobias Harris.   

Pada 2018-2019, Horford membantu Celtics menembus playoff. Ia tampil dalam 68 pertandingan musim reguler dengan rata-rata 13,6 poin, 6,7 rebound, 4,2 asis, dan 1,3 blok. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 53,5 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 58,6 persen. True shooting percentage 60,5 persen.

Horford juga membantu Celtics selama playoff. Mereka sampai ke Semifinal Wilayah Timur, tetapi tumbang dari Milwaukee Bucks 4-1. Perjalanan Celtics pun selesai lebih cepat.

Pada mulanya, Horford sempat berencana untuk menetap di Boston. Namun, nasib rupanya menuntunnya ke arah lain. Ia juga menginginkan kontrak besar mengingat usianya sudah berkepala tiga. Jadilah ia mendarat di Philadelphia setelah Sixers merekrutnya. (put)

Foto: NBA       

Komentar