IBL

Seleksi pemain untuk Tim Nasional Basket Putri Indonesia berlangsung di Surabaya mulai 10 Juli 2019. Di SEA Games 2019 nanti, timnas putri Indonesia akan dipimpin oleh Kepala Pelatih Lori Chizik. Pelatih asal Kanada yang berdomisili di Australia lebih dari 25 tahun. Ia juga pernah menjadi asisten Opals, julukan timnas putri Australia.

Lori terhitung sebagai pelatih sarat pengalaman. Ia memimpin Spectre Nunawading juara WNBL 1989, lalu dinobatkan sebagai Coach of the Year pada tahun 1996 saat memegang tim Bulleen Boomers. Chizik menjadi pelatih wanita pertama di NBA Australia saat bergabung dengan Victoria Titans tahun 2000. Sederet prestasi tersebut membuatnya masuk dalam daftar Nunawading Basketball Hall of Fame.

Untuk pengalaman internasional, ia pernah berperan menjadi asisten pelatih timnas Australia di Olimpiade Sydney 2000, dan mendapatkan medali perak. Kemudian yang terakhir di FIBA World Championship 2014, dan FIBA Oceania 2015. Pada musim 2018-2019, Chizik menjadi asisten pelatih di Jayco Rangers. Kemudian pada 6 Maret 2019, Chizik mengundukan diri dari jabatan Direktur Pelatih di McKinnon Basketball Association.

Chizik sebelumnya pernah datang ke Surabaya, saat berlangsung turnamen Piala Walikota Surabaya, bulan Februari 2019 lalu. Ia memantau tim Surabaya Fever yang tampil di ajang South East Asia Women's Basketball Tournament. Sebab sebagian besar pemain yang diseleksi untuk SEA Games ada di tim Surabaya Fever.

Chizik nantinya akan didampingi oleh tiga asisten pelatih yaitu Wellyanto Pribadi, Koko Heru Setyo Nugroho, dan Marlina Herawan. Sementara itu untuk pelatih fisik ada Derry Drew yang selama ini bertugas di CLS Knights Indonesia. (tor)

Foto: fiba.basketball dan wnbl.com.au

Komentar