IBL

Tim Nasional (Timnas) Basket Putri Indonesia berlatih di Taiwan. Kali ini mereka tidak mengikuti turnamen, melainkan hanya menjalani laga uji coba melawan enam tim profesional di sana. Christopher Tanuwidjaja selaku manajer menyebut bahwa targetnya hanya belajar dan mematangkan strategi saja.

Timnas putri berada di Taiwan hingga 16 Oktober mendatang. Mereka akan melakoni laga uji coba melawan enam tim profesional Taiwan. Program ini dipilih agar lebih leluasa dalam aturan permainan.

"Memang tidak ikut turnamen. Ini bertujuan agar pertandingan lebih fleksibel saja. Misalnya, lawan bisa menyesuaikan dengan strategi permainan yang sedang kami mainkan. Ini bisa dilakukan hanya dalam uji coba saja," kata Christopher. "Target kami di Taiwan ini belajar sebanyak-banyaknya."

Sementara itu, sebelum latihan di Taiwan, ada pencoretan pemain. Dari total 16 pemain, kini menjadi 14 pemain saja.

Berikut nama 14 pemain Pemusatan Latihan Timnas Putri Indonesia:

1. Agustin Elya Gradita Retong
2. Henny Sutjiono
3. Annisa Widyarni
4. Visca Dewi Syamsuri
5. Adelaide Callista Wongsohardjoo
6. Clarita Antonio
7. Wulan Ayuningrum
8. Kadek Pratita Citta Dewi
9. Yuni Anggraeni
10. Kimberly Louis
11. Dora Lovita
12. Husna Aulia Latifah
13. Lea Elvensia Wolobubo Kahol
14. Gabriel Sophia

Dari 14 nama tersebut, Gabriel Sophia dan Lea Kahol tidak ikut ke Taiwan. Mereka sedang menjalani pemulihan cedera. Gabriel Sophia cedera patah tulang telapak tangan, sedangkan Lea Kahol cedera patah tulang ruas jari. Sementara itu dua nama yang dicoret dari pemusatan latihan, yaitu Priscilla Annabel Karen dan Nathania Claresta Orville.

"Kalau Nathania itu cedera, sedangkan untuk Karen karena belum sesuai dengan strategi pelatih Lori Chizik," imbuh Christopher.

Timnas putri ini sedang disiapkan untuk menghadapi SEA Games 2019 di Manila bulan Desember mendatang. Proses pemusatan latihan sudah dimulai sejak bulan Agustus lalu. (tor)

Foto: @basketnasputri

Komentar