IBL

Beberapa jam sebelum perekrutan Rui Hachimura, Nike mengumumkan Jayson Tatum yang kini menjadi duta untuk Jordan. Pebasket  Pengumuman ini dilakukan dalam sebuah acara jumpa pers antara pihak Jordan dengan awak media di Paris, Prancis. Selain itu, pihak Jordan juga mengumumkan Kia Nurse dan Asia Durr sebagai duta mereka dari ajang WNBA.

Tatum adalah pebasket potensial milik Boston Celtics. Ia bermain di sana sejak musim rukinya pada 2017. Selang setahun, ia menjadi bagian dari Nike Basketball dan kerap menggunakan sebagian edisi sepatu basket Nike. Yang terbaru, ia jadi pebasket pertama yang menggunakan Nike Hyperadapt BB di lapangan kayu. Bagi Sang pabrikan, sepatu itu adalah revolusi demi menciptakan sepatu masa depan. Hal itu karena Hyperadapt BB punya sistem temali otomatis yang dapat dikendalikan melalui ponsel pintar.

Jayson Tatum saat membintangi video pengenalan Nike Hyperadapt BB.

Kerja samanya dengan Nike tak berhenti di situ. Pada awal Juni 2019, pihak sponsor merilis sepatu kasual berakar dari sepatu olaharaga yang terinspirasi dari tiga atlet basketnya. Tatum masuk di dalamnya. Sepatu Nike Air Max 97 “Jayson Tatum” dibuat dengan warna merah juga detail yang diambil dari masa mudanya di St. Louis.

Michael Jordan sendiri yang mengumumkan perekrutan empat duta baru Jordan. Ia mendaku bahwa pemain-pemain itu layak masuk di tim karena kemampuan bermain basket yang baik. Legenda Chicago Bulls itu juga memproyeksikan keempatnya akan mencetak lebih banyak prestasi di masa yang akan datang. Meski demikian, tidak diumumkan kontrak yang diberikan.

Kini, Jayson Tatum telah jadi bagian dari tim Jordan yang berisi pebasket kelas atas. Nama besar seperti Chris Paul, Russell Westbrook, Charmelo Anthony, Kemba Walker, dan Blake Griffin. Ketiganya telah punya sepatu khusus dengan spesifikasi dari kebutuhan masing-masing pemain di lapangan. Selain itu, para kolektor Jordan layak menanti edisi spesial (Player’s Exclusive/PE) yang dirilis dengan terbatas.

“Suatu kebanggaan bisa jadi bagian dari Jordan. Saya tidak sabar ingin memperkenalkan proyek kita ke depannya,” tutur Tatum terkait kontrak barunya dilansir dari rilis pers. Sementara Craig Williams selaku Presiden Jordan mengutarakan pujiannya terhadap Tatum sebagai pemain muda potensial di masa depan.  “Ia (Tatum) telah membuktikan diri sebagai pemain muda yang layak mendapat sorotan. Sementara Rui sukses mencetak sejarah besar. Keduanya punya karakter dan charisma yang membuat saya menyetujui untuk mengontraknya.  Sikap itu sukses mereka bawa baik di dalam maupun di luar lapangan,” tutur Williams.

Kehadiran sponsor seperti Jordan mampu menjadi motivasi bagi Sang pemain untuk terus berkembang. Panggung mereka tak lain adalah NBA, liga yang kini sudah disorot jutaan manusia di dunia. Sistem kompetisi yang baik dapat jadi satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi pemainnya.

Baca juga: Nike Siapkan Sepatu Lari Terinspirasi dari Kota Asal Jayson Tatum

Foto: Nike

Komentar