IBL

Los Angeles Lakers seolah tak ada hentinya membuat kejutan untuk para penikmat NBA. Setelah kesepakatan pertukaran Anthony Davis, kini Lakers kembali datang dengan kabar terkait pertukaran pemain. Dilaporkan oleh Adrian Wojnarowski dari ESPN, Lakers siap melepas tiga pemain muda mereka, Mo Wagner, Isaac Bonga, dan Jemerrio Jones ke transaksi pertukaran untuk memperlebar ruang gaji mereka.

Menariknya, tiga nama di atas adalah tiga nama tersisa di luar LeBron James, dan Kyle Kuzma yang masih di bawah kontrak Lakers. Masih dari sumber yang sama, ketiga pemain tersebut rencananya akan masuk dalam pertukaran tiga tim yang juga melibatkan Davis. Jadi, nantinya tiga pihak yang terlibat pertukaran adalah Lakers, New Orleans Pelicans, dan satu tim tambahan.

Semua hal ini dilakukan oleh Lakers untuk memperlebar ruang gaji mereka hingga AS$32 juta. Dengan ruang gaji sebesar itu, mereka bisa mendatangkan satu pemain bintang di bawah 10 tahun bermain dan deretan pemain pendukung dengan gaji minimum. Selain itu, Lakers juga dikabarkan mengincar pembelian hak memilih putaran kedua NBA Draft dari pertukaran ini.

Namun, menukar ketiga pemain tersebut bukanlah perkara mudah. Pasalnya, di antara ketiga pemain tersebut, bisa dibilang hanya Wagner yang memiliki “harga jual”. Baik Bonga atau Jones tampil dalam jumlah gim dan menit bermain yang sangat sedikit. Bonga tercatat bermain 22 gim dengan rerata 5,5 menit per gim. Sementara Jones hanya bermain enam kali yang semuanya terjadi di akhir musim, saat-saat yang tidak menentukan.

Langkah-langkah Lakers untuk memperlebar ruang gaji memang cukup rumit setelah pertukaran dengan Davis. Banyak syarat yang harus dipenuhi oleh semua pihak seperti persemian waktu pertukaran, lalu kesediaan Davis untuk menolak bonus tambahan yang ia dapat dari proses pertukaran, dan transaksi untu melepas tiga pemain di atas. Sebuah proses yang masih sangat panjang dan pastinya akan melelahkan.

Semua perombakan besar-besaran ini dilakukan Lakers untuk membangun tim yang mampu bersaing di kejamnya persaingan Wilayah Barat. Menariknya, hingga saat ini, praktis hanya Lakers yang benar-benar sudah bekerja keras membangun tim. Deretan tim lain masih terlihat cukup santai atau mungkin bergerak dalam sunyi. Selamat menikmati segala drama pemain bebas yang terus berlangsung sebelum musim dimulai! (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar