IBL

Dirk Nowitzki memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai pemain NBA pada 2018-2019 lalu. Dallas pun mengapresiasi loyalitasnya dengan mengubah salah satu nama jalan di kotanya. Mereka mengubah Olive Street—sebuah jalan dekat markas Mavericks di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat—dengan nama Nowitzki.

Sayangnya, Nowitzki tidak menyukai itu. Ia mengaku malu bahwa Dallas mengubah nama jalan itu dengan namanya.

“Bagi saya itu agak memalukan, cenderung berlebihan,” kata Nowitzki dalam acara Dennis Collinshaw di radio ESPN Dallas 103,3, seperti dikutip Clutchpoints.com. “Saya datang ke mari dan ingin menyelesaikan tugas setiap hari. Saya ingin menghibur orang, menang, dan menikmatnya. Jadi, saya sangat menghargai dan senang orang-orang menikmati itu dan menyukai apa yang mereka lihat.”

Nowitzki memang berjasa besar membawa kejayaan ke Dallas lewat bola basket. Pemain berkebangsaan Jerman itu sempat mengantarkan Mavericks menjadi juara NBA pada 2011. Nowitzki juga loyal kepada mereka. Ia membela Mavericks sejak tahun pertamanya di NBA tanpa pernah pindah.

Selama 21 musim, nama Nowitzki pun melegenda di NBA. Ia menjadi kebangaan Dallas sekaligus Mavericks. Ia bahkan berpotensi menjadi seorang Hall of Famer.

Ketika Nowitzki tiba-tiba memutuskan pensiun di pengujung musim lalu, orang-orang pun merasa kehilangan. Mereka tidak bisa lagi menontonnya bertanding. Nowitzki juga merasa sedih. Ia sempat terisak ketika mengucapkan selamat tinggal. Sebab, ia telah menghabiskan waktunya selama lebih dari dua dekade di sana. Dallas telah menjadi bagian hidupnya.

Meski begitu, usah pensiun, Nowitzki berpotensi menetap di Dallas. Mark Cuban, pemilih Mavericks, berjanji untuk memberikan pekerjaan spesial. Apalagi Mavericks memiliki pemain muda asal Eropa berbakat seperti Luka Doncic dan Kristaps Porzingis yang membutuhkan bimbingannya.

Seandainya Nowitzki setuju untuk kembali ke Dallas, ia akan punya segudang pengalaman untuk dibagikan. Namun, berbagi nama dengan sebuah jalan bukanlah hal menarik baginya. Nowitzki berterima kasih atas apresiasi Dallas. Sayangnya, mengubah nama jalan dengan namanya tetap berlebihan baginya. (put)

Foto: NBA

Komentar