IBL

Manajemen Dallas Mavericks kembali melakukan pergerakan di jeda pergantian musim. Setelah melakukan pertukaran pada NBA Draft 2018 yang berakhir pada bergabungnya Luka Doncic. Mavericks juga bergerak di pasar pemain bebas dengan merekrut “cinta lama”, DeAndre Jordan. Setelahnya, Mavericks melepas beberapa pemain ke pasar pemain bebeas, Nerlens Noel, Seth Curry hingga Doug McDermott sudah memutuskan berganti seragam musim depan.

Terbaru, Kamis malam, 19 Juli 2018, waktu setempat, Mavericks kembali melakukan transaksi dengan mengikat dua pemain lawa mereka dengan kontrak baru. Pemain pertama yang diikat adalah Yogi Ferrell. Pemain berpostur mungil ini sebenarnya dilepas oleh Mavericks minggu lalu. Nyatanya, proses pelepasan Yogi tersebut hanya untuk melakukan persetujuan baru.

Dengan status unrestricted free agent, Yogi akhirnya diikat selama dua musim dengan nilai AS$5,3 juta. Yogi yang masuk ke NBA dengan status undrafted, mengawali karir NBA dengan bermain untuk Brooklyn Nets pada musim 2016-2017. Hanya bermain sepuluh laga, pemain berusia 25 tahun tersebut lantas dilepas oleh Nets. Dalam prosesnya, Yogi juga bermain untuk tim NBA D-League (kini GLeague), Long Island Nets.

Penampilan impresif Yogi bersama Long Island Nets membuatnya mendapatkan panggilan dari Mavericks pada 28 Januari 2017. Kala itu, ia diberi kontrak 10 hari dan kembali menunjukkan penampilan cemerlang. Saat melawan Portland Trail Blazers, Yogi berhasil mencetak 32 poin dengan 27 di antaranya datang dari sembilan kali tripoin. Performa tersebut membuatnya mendapatkan kontrak dua tahun dengan team option setelah tahun pertama. Di akhir musim, ia terpilih sebagai NBA All-Rookie Second Team.

Setelah Yogi, Mavericks juga memastikan bintang dan legenda mereka, Dirk Nowitzki bertahan musim depan. Nowitzki sebenarnya dilepas oleh Mavericks pada awal Juli lalu. Akan tetapi, pelepasan kontrak tersebut sama seperti yang terjadi dengan Yogi, hanya formalitas semata demi negosisai kontrak yang baru. Pemain berusia 40 tahun ini mendapatkan kontrak setahun dengan nominal AS$5 juta.

Musim depan akan menjadi musim ke-20 Nowitzki bermain di liga. Selain itu, bertahan bersama Mavericks juga membuatnya menjadi one man club terlama di liga. Sejak masuk pada NBA Draft 1998, pemain berkebangsaan Jerman ini belum pernah sekalipun pindah tim. Stau-satunya pemain yang mendekati durasi Nowitzki di satu tim adalah Manu Ginobili dengan San Antonio Spurs. Total Ginobili bermain untuk Spurs selama 17 musim.

Foto: NBA

 

Komentar