IBL

Penikmat kartun Jepang (anime) era 1990-an tidak akan asing dengan Gundam. Sosok robot petarung yang punya teknologi luar biasa mumpuni. Kepopulerannya semakin menyebar luas setelah Bandai selaku pemilik hak cipta membuat pernak-pernik bermacam bentuk, termasuk fesyen. Kali ini, lini olahraga 361° berkesempatan untuk menjadikan Gundam sebagai inspirasi modifikasi warna sepatu larinya.

Koleksi ini memuat warna yang terinspirasi dari Robot Gundam RX-78-2 milik Amuro Ray. Warna putih dengan aksen biru dan merah jadi pilihan utama mengingat Amuro dan robotnya adalah benang merah cerita. Panel plastik di bagian samping dibuat mirip dengan mata Sang robot. Sementara di bagian tumit, tersemat tali nilon berwarna merah yang menampilkan logo robot.

Pihak Gundam dan 361° sudah membocorkan edisi kedua dari kolaborasi mereka. Karakter Komandan Char Aznable dan robotnya berkode MS-06S Zaku jadi inspirasi. Menggunakan siluet berbeda, 361° memodifikasi sepatunya dengan warna merah berdetail hitam. Kedua sepatu ini akan hadir dengan kotak sepatu spesial dengan bonus pernak-pernik pendukung.

Minggu, 7 April 2019, kartun televisi “Mobile Suit Gundam” memperingati ulang tahun penayangan ke-40. Serial tersebut merupakan hasil karya Hajime Yatate dan Yoshiyuki Tomino. Robot yang digambar ini terinspirasi dari penalaran nyata pengembangan teknologi mesin-mesin di luar angkasa. Keduanya menyebut buku Gerard K. O’Neill berjudul “The High Frontier: Human Colonies in Space” terbitan 1976 sebagai inspirasi. Buku itu berisi konsep besar yang digunakan Amerika Serikat dalam pengembangan proyek kapal Apollo hingga ke bulan dan lebih jauh.

Inti cerita “Mobile Suit Gundam” adalah karakter protagonist yang mempertahankan bumi dari serangan manusia yang berevolusi di luar angkasa. Dengan pengembangan teknologi mutakhir, kedua belah pihak sanggup mengembangkan robot perang yang mampu bertempur hingga ke luar angkasa. Dalam konsep evolusi manusia luar angkasa, Yatate dan Tomino mengambil ide dari O’Neill Cylinder. Di buku itu, Sang penulis mencoba menyajikan protitpe bangunan luar angkasa yang dibuat dari ekstrak mineral bulan dan asteroid.

Selain sepatu, Bandai Namco Holdings juga sudah menyiapkan kolaborasi lain untuk memeriahkan ulang tahun ini. Mereka juga sudah merilis pakaian hasil kolaborasi dengan Uniqlo yang dirilis awal Maret 2019 lalu. Meski tidak sericuh Uniqlo x Kaws, edisi tersebut ludes terjual dengan pembeli mayoritas adalah para penikmat film bergenre Robo Mechanics itu.

Anda sudah dapat membeli 361° x Gundam di situs pembelian daring dengan harga US$78.

Sepatu 361° edisi Robot RX-78-2 milik Amuro Ray.

Sepatu 361° edisi Robot MS-06S milik Char Aznable.

Foto: 361°, Bandai

Komentar