IBL

Menyusul debut Nikola Jokic sebagai atlet 361° minggu lalu, detail baru tentang apa yang diharapkan dari kemitraan MVP Final dengan merek yang berbasis di Tiongkok telah terungkap. Jokic disebut-sebut sebagai Duta Merek Global resmi untuk 361°, yang didirikan pada tahun 2003 dan dibangun di atas konsep mentalitas "One Degree Beyond". Berdasarkan siaran pers resmi yang dikeluarkan untuk mengumumkan penandatanganan Jokic oleh 361°, sepatu khasnya yang pertama sedang dalam pengerjaan dan akan memulai dirilis dalam waktu dekat.

Superstar Denver Nuggets tersebut adalah salah satu pemain terbaik di liga. Pemain asal Serbia ini memimpin klubnya meraih gelar juara pertama mereka dengan memenangkan Final NBA 2023. Tidak diragukan lagi, salah satu nama terbesar yang aktif di liga, dan mengejutkan ketika Nikola Jokic memutuskan hubungan dengan Nike untuk menandatangani kontrak multi-tahun dengan 361° (baca: One Degree Beyond), merek sepatu asal Cina. 

Sejak memulai karir NBA-nya, Jokic telah menjadi atlet Nike. Selama delapan musim terakhir, dia memakai sepatu dari seri Nike Zoom GT. Namun, untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, Jokic tampil di lapangan melawan Toronto Raptors saat mereka menang 113-104 dengan mengenakan yang bukan dari Nike. Dia memutuskan hubungan dengan Swoosh dan beralih ke 361°. Jokic memakai sepatu dari 361° dengan seri Big3 Future CQT.

Menurut Anjum Ash. dari First Sportz, Nike gagal memperbaharui kontrak lama dengan Jokic. Padahal enam bulan sebelumnya, Nike mengeluarkan iklan baru yang menggambarkan perjalanan Jokic menuju gelar juara NBA 2023. Namun ternyata ini tidak berpengaruh besar pada bisnis. Jokic tetap memilih untuk lepas dari Nike. 

"Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan tim 361° dan berkontribusi pada misi mereka untuk menghadirkan kesehatan dan olahraga kepada orang-orang di seluruh dunia," kata Jokic ketika membahas kemitraan barunya dengan 361°. "Pekerjaan yang telah kami lakukan pada sepatu pertama saya telah luar biasa sejauh ini, dan saya tidak sabar untuk segera membagikannya kepada semua orang."

Rincian fiskal dari perjanjian multi-tahun ini masih dirahasiakan tetapi diperkirakan akan menghasilkan banyak uang. 361° sedang mengerjakan lini tanda tangan untuk superstar Nuggets tersebut menurut laporan dari Complex.com

Nikola Jokic bukan satu-satunya nama dari NBA yang menandatangani kontrak dengan merek Tiongkok tersebut. Rekan setimnya di Nuggets, Aaron Gordon , termasuk di antara beberapa atlet 361° terkemuka dari NBA. Gordon telah menggunakan merek tersebut sejak tahun 2020, dan sudah memiliki lini sepatu kets khasnya sendiri. Spencer Dinwiddie dan mantan Nuggets Kentavious Caldwell-Pope juga telah menandatangani kontrak dengan raksasa pakaian olahraga Tiongkok tersebut. (*)

Foto: Essentially Sports

Komentar