IBL

Nikola Jokic membawa Denver Nuggets meraih gelar juara NBA 2023. Semua penggemar NBA tahu kemampuan nya di liga bola basket Amerika Serikat tersebut. Namun dengan sederet prestasinya, pemain berjuluk "The Joker" ini belum punya kesepakatan dengan merek sepatu. Faktanya, pemain asal Serbia tersebut merasa nyaman tanpa kontrak sepatu. 

Tidak seperti kebanyakan pemain NBA, Jokic sama sekali tidak pernah membicarakan soal kontrak sepatu. Ketika ditanya tentang sepatu khas, maka dia akan menjawab dengan kalimat sederhana, "Akan menyenangkan bila memilikinya (sepatu khas)."

Dikutip dari Denver Gazette, Jokic menyatakan bahwa dirinya merasa baik-baik saja tanpa kesepakatan dengan merek sepatu. Dia memakai Nike LeBron Soldiers pada musim debutnya. Kemudian dia bergantian memakai Nike dan adidas di musim-musim berikutnya. Namun pada musim 2022-2023, Jokic setia dengan Nike. Dia memakai Nike Air Zoom GT Jumps, sepanjang musim, termasuk di Final NBA 2023. 

Meski tidak memiliki kontrak dengan merek sepatu tertentu, Jokic sudah punya ciri khas tersendiri. Dia selalu menyematkan cincin emas di tali sepatunya dalam setiap pertandingan. Cincin tersebut adalah cincin pernikahannya dengan Natalija, pada tahun 2020. Jokic mengatakan hal ini dilakukan sebagai bentuk cinta kepada istrinya. 

Foto: denversports.com

Jokic santai dan tidak berusaha menambah kekayaan dengan kontrak sepatu. Dia mengantongi kontrak 264 juta dolar Amerika selama lima tahun, yang memberinya gaji sebesar 30 juta dolar Amerika per musim. Sementara dia juga menambah 20 juta dolar Amerika dari sponsor, di luar merek sepatu. Sehingga pada tahun 2023, Jokic memperoleh pendapatan sebesar 50 juta dolar Amerika Serikat. 

Meski demikian, Nike terus berusaha menggoda Jokic. Lihat saja, dalam unggahan media sosial Nike pada bulan Juni 2023. Mereka menjadi merek perlengkapan olahraga pertama yang mengucapkan selamat atas gelar juara yang diraih Jokic. Tampaknya predikat sebagai juara NBA akan membuat merek-merek sepatu tertarik untuk merekrutnya. Tetapi sampai sekarang belum ada niat Jokic untuk menerima kontrak sepatu. (*)

Foto: sportingnews.com

Komentar