IBL

Perjalanan Nick Nurse di dunia bola basket belum akan berakhir. Setelah mengantarkan Toronto Raptors menjuara NBA 2018-2019, ia tidak bisa langsung istirahat. Nurse berencana untuk menangani tim nasional Kanada untuk berlaga di Piala Dunia 2019 di Cina.

Nurse telah mengonfirmasi hal itu pada Minggu, 16 Juni 2019 waktu setempat. Ia mengatakan kepada media bahwa dirinya akan menangani Kanada musim panas nanti.

“Saya bersiap-siap untuk menangani tim lain sesegera mungkin, karena saya pikir itu akan membuat saya menjadi pelatih yang lebih baik,” kata Nurse. “Saya sudah menantikan hal itu.”

Selain Kanada, Nurse dulu sempat menangani timnas Inggris. Saat itu ia bertugas sebagai asisten pelatih. Ia bertugas dari 2009—2012 sambil menjadi pelatih di NBA D League (sekarang G League).

Kini Nurse akan mengambil alih Kanada dari kepala pelatih sebelumnya, Jay Triano. Kanada memilih Nurse menyusul keberhasilannya menangani Raptors di NBA. Itu akan menjadi pengalaman pertama bagi pelatih kelahiran Carroll, Iowa, 24 Juli 1967 tersebut sebagai kepala pelatih timnas.

Tugas Nurse selanjutnya adalah memanggil pemain. Ada beberapa pemain NBA yang juga bisa ia panggil, di antaranya: Andrew Wiggins (Minnesota Timberwolves), Dillon Brooks (Memphis Grizzlies), Dwight Powell (Dallas Mavericks), dan Jamal Murray (Denver Nuggets). Di barisan veteran, ada Tristan Thompson (Cleveland Cavaliers) dan Kelly Olynyk (Miami Heat). Cory Joseph (Indiana Pacers) juga tersedia.

Sementara itu, dua pemain muda punya kesempatan untuk membela timnas. Pemain seperti Shai Gilgeous-Alexander (Los Angeles Clippers) dan calon ruki NBA R.J. Barrett (Duke University) sedang naik daun.

Kanada membutuhkan jasa pemain-pemain di atas untuk bersaing di Grup H. Mereka berada di grup itu bersama Australia, Lithuania, dan Senegal. Kanada perlu menang dari mereka agar bisa lolos ke babak berikutnya. Nasib mereka di sana juga menentukan kesempatan mereka untuk ke Olimpiade mendatang. Nurse memiliki tugas cukup berat karena tiga lawan mereka di Grup H bukan lawan yang mudah. (put)

Foto: NBA

Komentar