IBL

Toronto Raptors belum habis kesialannya. Setelah tertinggal 1-2 di semifinal Wilayah Timur, belakangan mereka terancam kehilangan jagoannya. Pascal Siakam diragukan tampil melawan Philadelphia 76ers di pertandingan keempat.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Siakam mengalami memar pada betisnya. Ia mengalami itu setelah bermain di pertandingan ketiga dua hari lalu. Siakam tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi. Tahu-tahu rasanya nyeri.

“Ada banyak kontak (fisik) selama pertandingan, jadi saya tidak tahu kapan (cedera) itu benar-benar terjadi,” ujar Siakam seperti dikutip Josh Lewenberg, TSN Sports.

Raptors kemudian memasukkan pemainnya itu ke dalam daftar pemain yang berpotensi absen. Namun, Siakam sendiri tengah berusaha untuk memaksimalkan dirinya. Ia akan mengetes kekuatan betisnya dalam sesi latihan sebelum pertandingan besok, Senin, 5 Mei 2019 waktu setempat.

Sementara itu, Kepala Pelatih Nick Nurse mengatakan, kondisi cedera Siakam secara struktural tidak adalah masalah. Hanya saja ia tidak bisa memaksa pemainnya untuk tampil begitu saja. Apalagi jika betisnya belum kuat.

Nurse akan mengganti Siakam dengan pemain lainnya jika memang tidak bisa tampil. Ia punya barisan cadangan seperti Serge Ibaka, Fred VanVleet, Norman Powell dan Patrick McCaw yang biasa mendukung pemain utama.

Nurse kemungkinan memilih Ibaka karena bermain di posisi yang sama dengan Siakam.

Kendati demikian, kehilangan Siakam tetaplah sebuah kehilangan besar. Sebab, Siakam sedang dalam masa perkembangan yang pesat. Ia merupakan calon Most Improved Player of the Year.

Siakam mencetak rata-rata 16,9 poin, 6,9 rebound, dan 3,1 asis dalam 80 pertandingan pada 2018-2019. Angka itu naik dari 7,3 poin, 4,5 rebound, dan 2 asis dalam 81 pertandingan pada 2017-2018.

Di playoff, Siakam juga menjadi potongan penting Raptors. Ia merupakan mesin poin kedua setelah Kawhi Leonard.

Siakam mencetak rata-rata 22,9 poin per pertandingan di playoff 2018-2019. Ia juga berhasil mengumpulkan 7,4 bola pantul dan 2,5 asis. Selama delapan pertandingan terakhir, Siakam telah membuktikan betapa penting dirinya.

Pertandingan keempat berlangsung besok. Siakam punya satu hari lagi untuk memulihkan cederanya. Ia akan kembali berlatih hari ini untuk mengetes betisnya. (GNP)

Foto: NBA

Komentar