IBL

Penonton NBA semakin berkembang di Kanada. Hal itu terjadi berkat Toronto Raptors. Tim asuhan Kepala Pelatih Nick Nurse itu mampu mencetak sejarah. Mereka tampil di Final NBA untuk pertama kalinya pada 2019 ini.

Menurut NBA, 50 persen dari populasi Kanada telah menonton Final NBA 2019. Mereka menonton pertandingan Raptors melawan Golden State Warriors. Pertandingan itu termasuk pertandingan kelima pada Senin, 10 Juni 2019 waktu setempat.

Pertandingan kelima bahkan menjadi pertandingan populer di televisi. Darren Rovell, Action Network, melaporkan bahwa pertandingan itu menjadi pertandingan paling banyak ditonton pada 2019. Jumlah penontonnya melewati jumlah penonton Super Bowl (sepak bola amerika).

Populasi Kanada mencapai 37 juta orang. Jika 50 persen orang Kanada menonton pertandingan final, maka ada sekitar 18,5 juta orang telah menonton NBA. Mereka benar-benar tumbuh belakangan ini.

Angka-angka itu sekilas memberi satu kesimpulan: Orang-orang Kanada melirik bola basket daripada olahraga lainnya. Padahal Kanada terkenal dengan olahraga hokinya. Final NBA 2019 jelas telah mengubah itu. Raptors berjasa menarik perhatian setengah dari populasi Kanada untuk menonton bola basket.   

Raptors sendiri belum sempat mengakhiri seri final. Mereka membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menjadi juara. Warriors memaksa pertandingan berlanjut ke pertandingan keenam. Kedudukan 3-2 untuk keunggulan Raptors.

Pertandingan keenam akan berlangsung di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Kamis 13 Juni 2019 waktu setempat. Jumlah penonton masih bisa bertambah lagi. Raptors juga bisa mencetak sejarah sebagai tim Kanada pertama yang menjuarai NBA. (put)

Foto: NBA

Komentar