IBL

Los Angeles Lakers memiliki hak pilih nomor empat pada NBA Draft 2019. Mereka pun terus mencari calon ruki yang tepat untuk mengisi slot di timnya. Salah satunya dengan mengundang Darius Garland untuk uji coba.

Garland, garda, 19 tahun, bahkan tidak berlatih sendirian. LeBron James, megabintang NBA sekaligus jagoan tim asal Los Angeles itu, ikut mengujinya. Sang Raja ingin melihat sendiri potensi Garland di lapangan.

Garland belakangan memiliki satu ikatan dengan James. Ia telah memutuskan untuk bergabung dengan Klutch Sports. Garland bernaung di bawah agensi yang sama dengan James. Keduanya pun berlatih bersama.

James memiliki alasan sendiri untuk ikut menguji Garland. Bagaimanapun, Lakers membutuhkan pemain yang bisa mengangkat mereka musim depan. Mereka tidak ingin merekrut pemain yang tidak berguna.

Lakers mengincar pemain dengan kemampuan menembak. Mereka ingin pemain yang bisa membantu menambal kekurangan di belakang garis tripoin. Garland kebetulan memiliki kemampuan itu. Garda Vanderbilt University itu memiliki akurasi mencapai 47 persen dari tripoin. Ia bahkan tidak hanya piawai menembak, tetapi juga pandai menguasai bola.

"Ini akan menjadi suatu kehormatan untuk tampil bersama Lakers Nation," ujar Garland dalam acara The Jump bersama Rachel Nichols, ESPN.

Meski begitu, Garland muncul bukan tanpa kekurangan. Ia punya satu masalah pada kesehatannya. Garland mengalami cedera meniskus lutut kiri pada November 2018 silam. Ia harus naik meja operasi dan absen semusim penuh di NCAA.

Untungnya, kondisi Garland semakin pulih. Ia sudah bisa kembali ke lapangan. Seandainya ia benar-benar sehat 100 persen, ia akan bisa membantu Lakers. Ia telah menyiapkan diri sejak memutuskan mengikuti draft.

"Saya berdiskusi dengan keluarga saya dan memutuskan itu sangatlah sulit," kata Garland tentang keputusannya mengikuti draft, per Evan Daniels, 247Sports. "Saya berbicara dengan Pelatih (Bryce) Drew dan staf pelatih dan itu adalah yang terbaik bagi saya, karena di mana saya ditempatkan saat ini benar-benar sulit dipercaya, terutama karena cedera.

Lakers sendiri belakangan masih sibuk mencari potensi. Mereka mengundang beberapa pemain selain Garland untuk uji coba. Salah satunya Jarred Culver dari Texas Tech University. Lakers tertaruk untuk merekrut Culver karena memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya.

Selain itu, Lakers juga punya opsi lain, yaitu menukar hak pilih untuk merekrut pemain veteran. Mereka mencari pemain berpengalaman yang berguna mengangkat tim ke level yang lebih tinggi. Lakers sudah absen di playoff selama enam tahun terakhir. Mereka tidak bisa terus begitu.

Dengan berbagai opsi tersebut, Lakers masih akan sibuk mencari jalan keluar terbaik. Apalagi NBA Draft baru akan bergulir pada 20 Juni 2019 nanti. Lakers punya waktu hampir dua minggu untuk meneguhkan diri. (put)

Foto: NBA dan NCAA

Komentar