IBL

Gelaran WNBA memang tidak segemerlap NBA. Meski demikian, liga basket putri tertinggi di Amerika Serikat ini selalu menghadirkan sosok-sosok potensial dan layak jual bagi pihak sponsor. Hal itu ditunjukkan Jordan, anak perusahaan Nike. Melalui rilis pers, mereka mengumumkan perekrutan dua duta pemain wanita dari tim New York Liberty. Keduanya sudah dipantau sejak bermain di level kampus oleh pihak sponsor.

Pemain pertama bernama Asia Durr. Ia berhasil menyelesaikan kuliahnya dan membawa tim basket Lousville Cardinals menjadi tim yang diperhitungkan. Selain itu, pebasket yang berjuluk “Nite nite” itu mengantongi enam penghargaan pribadi di kompetisi level kampus. ESPN bahkan membuatkannya kaledioskop perjalanan perkembangan kemampuan perempuan asli Greenville itu pada 9 April 2019 dan menjadikannya potensi besar untuk WNBA Draft. Ia pun bertengger di urutan kedua sebelum Liberty memilihnya.

Ia mendaku bersemangat dengan kerja sama yang dijalin. Salah satunya adalah karena rekan setimnya juga bergabung dengan sponsornya. “Sebuah pengalaman baru dan sepertinya akan berjalan menyenangkan karena teman setim saya juga punya sponsor yang sama. Dan, hal itu terbilang langka di ajang basket profesional,” kata Durr saat diwawancarai Sports Illustrated terkait hal ini.

Selanjutnya adalah Kia Nurse. Ia setahun lebih mula bergabung dengan tim dibanding Durr. Perempuan berdarah Kanada itu punya jam terbang lebih tinggi. Ia terpilih di peringkat 10 WNBA Draft 2018 dengan mengantongi prestasi level tim nasional. Nurse sudah memperkuat tim nasional basket putri Kanada di ajang FIBA World Championship 2014 serta meraih medali emas di ajang Pan American Games 2015. Ia juga mengantongi gelar MVP di FIBA America Women’s Championship tahun 2015. Nurse kini bermain untuk dua tim: New York Liberty di WNBA dan Canberra Capitals di ajang WNBL Australia.

Kerja samanya dengan Jordan memberikan optimism dalam mengembangkan karirnya lebih jauh. “Maya Moore adalah alasan utama saya menekuni karir basket di WNBA. Ia jadi inspirasi terbesar dan memberi contoh bagi generasi muda di situasi seperti ini. Jordan akan jadi bagian dari perjalanan panjang saya di atas lapangan kayu,” cerita Nurse.

Selama setahun belakangan, Asia Durr dan Kia Nurse sudah mengenakan Air Jordan 33 saat bertanding. Nantinya, mereka akan terus mengenakan sepatu-sepatu dari anak perusahaan Nike itu.

Sepatu Air Jordan identik dengan sepatu laki-laki. Dutanya saja adalah legenda basket Chicago Bulls. Merek itu pun kemudian menjelma sebagai perekrut khusus pebasket yang dianggap bisa merepresentasikan dominasi Michael Jordan semasa berkarir di era berbeda. Setelah 27 tahun eksis, Jordan akhirnya membuka diri terhadap atlet wanita dengan direkrutnya Maya Moore pada 2011. Hal ini jadi momentum perekrutan pemain basket wanita lainnya yang berlagai di WNBA. (ajb)

Foto: Jordan

Komentar