IBL

Toronto Raptors berhasil menembus Final NBA untuk pertama kalinya dalam sejarah. Mereka bahkan menjadi finalis tanpa pemain bergelar top 10 NBA Draft. Menurut Elias Sports, tidak ada tim yang pernah melakukannya dalam 50 tahun terakhir ini. Raptors adalah tim pertama yang melakukannya pada kurun waktu itu.

Pemain Raptors dengan pilihan tertinggi adalah Kawhi Leonard. Namun, forwarda andalan Raptors itu bukanlah top 10 NBA Draft. Ia merupakan pilihan ke-15 dalam NBA Draft 2011.

Kendati bukan top 10 NBA Draft, Leonard mengesankan banyak pihak dengan penampilannya selama semusim ini, terutama di babak playoff. Ia menjadi dalang di balik kesuksesan Raptors menembus final pertama kalinya.

Sementara itu, garda utama Kyle Lowry (2006) dan senter-forwarda Serge Ibaka (2008) merupakan pilihan ke-24. Mereka jauh dari barisan top 10 NBA Draft. Begitu pun Pascal Siakam (2016). Nomine Most Improved Player of the Year 2018-2019 itu menjadi pilihan ke-27.

O.G. Anunoby, di sisi lain, juga bukan top 10 NBA Draft. Namun, ia setidaknya terpilih di urutan yang lebih tinggi dari Lowry, Ibaka, dan Siakam. Anunoby merupakan pilihan ke-23.

Selain kelima nama di atas, pemain Raptors lainnya hanyalah pemain pilihan putaran kedua. Mereka adalah Danny Green, Jodie Meeks, Marc Gasol, Norman Powell, dan Patrcik McCaw.

Beberapa pemain bahkan tidak terpilih sama sekali dalam NBA Draft. Garda cadangan yang berkontribusi besar selama playoff, Fred VanVleet, salah satunya. Dulu ia bermain dan juara G League bersama Raptors 905.

Chris Boucher, Eric Moreland, Jeremy Lin, Jordan Lloyd, dan Malcolm Miller juga termasuk pemain tidak terpilih (undrafted).

Raptors akan menghadapi Golden State Warriors dengan skuat bertabur bintang. Mereka bahkan punya beberapa pemain top 10 NBA Draft dari berbagai masa, di antaranya: Andrew Bogut (1), Kevin Durant (2), Shaun Livingstons (4), DeMarcus Cousins (5), Stephen Curry (7), dan Andre Iguodala (9).

Meski begitu, pertandingan nanti tidak akan diputuskan dari seberapa banyak jumlah top 10 NBA Draft. Kedua tim punya kesempatan yang sama untuk membuktikan diri. Raptors bisa merebut gelar juara dari Warriors. Warriors bisa menjadi juara lagi.

Pertandingan final pertama berlangsung pada 30 Mei 2019 mendatang. Raptors akan menjamu Warriors lebih dulu di Toronto. (GNP)

Foto: NBA

Komentar