IBL

Langkah James Harden bersama Houston Rockets bisa saja sudah terhenti. Mereka gagal menghentikan laju Stephen Curry dkk. meski sempat paksa kedudukan seimbang. Meski demikian, adidas tetap melanjutkan penjualan sepatu basket adidas Harden. Baru-baru ini, tersebar foto sepatu Mas Brewok yang sudah memasuki edisi keempat.

 Situs Weartesters mengunggah beberapa foto yang diambil oleh seorang penikmat sneaker asal Negeri Tirai Bambu sebelum kemudian dihapus olehnya. Namun, dapat dipastikan bahwa sepatu ini adalah untuk James Harden karena memuat logo “H” di beberapa detail sepatu.

Harden seharusnya jadi senjata penjualan terbesar adidas. Kiprahnya di NBA bisa jadi cara termudah mempopulerkan sepatu sekaligus bantalan Boost andalan mereka. Walau begitu, tampaknya Sang sponsor punya strategi lain. Perubahan paling kentara terlihat dari bagian sol samping yang tak lagi memperlihatkan bantalan Boost yang sudah diganti dengan bantalan bernama Lightstrike.

Bagian atas terbuat kebanyakan adalah tekstil. Sementara bagian ujung depan (toe-box) dan tumit (heel) memuat beberapa panel dari bahan suede. Pada sisi samping luar dan dalam, tersemat panel dari bahan kulit yang jadi berfungsi sebagai lubang tali sekaligus kuncian untuk menunjang kerapatan. Sementara bagian tumit sebelah bawah memuat plastik yang berfungsi sebagai heel counter.

Adidas tampaknya ingin menampilkan sisi klasik pada desain Harden terbaru. Siluetnya tampak menyerupai adidas FYW, sepatu basket adidas era tahun 2000-an. Bentuk sepatu basket tersebut lalu diadopsi pada sepatu Kobe Bryant (adidas KB8) sebelum kemudian Kanye West memakainya untuk roh adidas Yeezy 500. Bentuk sol Harden Vol. 4 nyaris serupa dengan edisi sebelumnya meski sudah mengalami pengembangan juga modifikasi warna.

Sepatu berkerah rendah bisa jadi adalah bentuk sepatu yang paling disukai oleh James Harden. Semua edisi adidas Harden tidak pernah melebihi tinggi mata kaki Sang pemain. Gerakan Harden yang lebih banyak bermain di luar area tripoin membuat sepatu bentuk ini jadi pilihan tepat. Para desainer pun bermain untuk membuat bagian atas yang cocok dengan karakteristik andalan Rockets itu.

Sejauh ini, hanya tampilan sepatunya saja yang sudah beredar. Belum ada pernyataan resmi dari adidas tentang siluet ini. Meski begitu, ada kabar yang menyebutkan bahwa adidas Harden Vol. 4 akan dirilis sekitar awal November 2019.

Foto: Weartesters

Komentar