IBL

Tiga kekalahan beruntun yang diderita oleh Milwaukee Bucks dalam seri final Wilayah Timur dengan Toronto Raptors memang sangat sulit diterima banyak pihak. Pasalnya, seperti yang sudah saya tulis dalam prediksi sebelum seri ini dimulai, Bucks sebenarnya unggul dalam tiga dari empat faktor utama pembawa kemenangan.

Seiring rangkaian kekalahan tersebut, para penikmat NBA terus memusatkan pandangan mereka kepada bintang Bucks, Giannis Antetokounmpo. Meski secara catatan statistik tradisional tetap terlihat baik-baik saja, Giannis sebenarnya dalam kondisi yang cukup buruk, terutama dalam dua gim terakhir.

(Baca Juga: Kunci Raptors Menyamakan Kedudukan atas Bucks)

Ya, meski secara rataan, Giannis masih mengemas 24,5 poin, 8,0 rebound, dan 5,5 asis per gim, Giannis bisa dibilang tak berkutik atau bahkan “menghilang” selama kuarter empat. Dari total 49 poin yang ia bukukan di dua gim terakhir, hanya sembilan di antaranya yang ia cetak di kuarter empat. Sembilan poin, di kuarter empat, dua gim. Padahal, di tiga gim lainnya, ia mampu mengemas 20 poin total juga di kuarter empat.

Tak sampai di situ, jika Anda kerap melihat gim-gim Bucks, Anda pasti sadar bahwa tim ini terutama Giannis cukup kuat dalam transisi menyerang (fastbreak). Namun, selama kuarter empat di dua gim terakhir, Giannis tidak membukukan satu pun poin dari skema fastrbreak.

Lebih buruk lagi, secara percobaan tembakan pun, Giannis juga mengalami penurunan yang benar-benar menyedihkan. Dalam tiga gim pertama, pemain asal Yunani tersebut melepaskan total 13 percobaan, atau rata-rata  4,3 tembakan per gim. Sementara di dua gim terkahir, ia hanya melepaskan empat percobaan, 1,3 tembakan per gim.

Tak berhenti sampai di situ, kandidat kuat peraih gelar Most Valuable Player (MVP) ini juga menghilang secara keseluruhan permainan. Ia tak mencetak satupun asis di kurun waktu yang sama. Ia juga membuat tiga turnover di kurun waktu tersebut. Lalu hanya mampu mengumpulkan dua rebound dan membuat tiga kali personal foul.

Catatan-catatan di atas semakin mempertegas keberhasilan Raptors menghentikan Giannis dalam pertandingan. Gagal bergerak leluasanya Giannis juga selaras dengan hasil akhir yang membawa Raptors berhasil membalik keadaan. Jika tak juga berhasil lepas dari “belenggu” ini, maka Bucks benar-benar akan habis di gim keenam. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar