IBL

Pihak Nike melalui laman Sole Collector mengkonfirmasi perilisan Nike Air Force 1 edisi spesial Devin Booker. Penggawa Phoenix Suns ini menjadi beberapa rekrutan muda yang jadi akar ide pembuatan sepatu. Sebelum Booker, Jayson Tatum mendapat rilisan dengan konsep senada namun menggunakan siluet berbeda.

Nike belum menjabarkan konsep di balik edisi ini. Meski demikian, Foot Locker sudah memiliki foto dari berbagai sisi. Air Force 1 “D Book” mengambil warna biru muda dengan detail berwarna perak di bagian lubang tali. Pada panel tumit tertulis “No Sir” dengan gantungan berwarna biru akan didapat apabila Anda memilikinya.

Pada bagian sol dalam (insole), tertulis “No Socks Style” yang bermakna bergaya tanpa kaos kaki. Ini adalah kebiasaan Booker di mana ia sangat jarang mengenakan kaos kaki terutama ketika sedang bersantai. Bahkan, ia kerap melakukan kebiasaan ini di lorong stadion saat pragim. Di beberapa program video interaktif pun tampak ia tidak menggunakan kaos kaki meski memakai sepatu yang terbilang mentereng.

Poster pengenalan sol sepatu Nike Air Force 1 Hi pada 1982. Selang dua tahun, Nike membuat versi kerah rendah.

Tahun ini sekaligus memperingati 35 tahun Nike Air Force 1 Low. Sepatu ini diperkenalkan pada 1984 sebagai cara Nike untuk menarik apngsa pasar penikmat olahraga basket di Amerika Serikat. Selama eksistensinya di ranah sneaker, Nike sudah meraup sekitar AS$30 Milyar dilansir dari Majalah Sneaker Freaker. Konsep pemasaran yang apik menjadikannya sebagai yang terpopuler. Mulai dari pemilihan bintang iklan di era 1980-an, hingga pembuatan edisi khusus seperti Devin Booker.

Ranah hip-hop bisa jadi yang paling berperan di balik kepopuleran Nike Air Force 1. Eksistensinya bersanding dengan Puma Suede dan adidas Superstar yang berpredikat sama. Di sisi lain, desain sol sepatunya yang khas nyatanya berangkat dari gerakan pivot dalam basket. Bruce Kilgore selaku desainer membuatnya karena gerakan pivot sering dilakukan pebasket di eranya. Sang pabrikan juga berharap siluet ini turut mempopulerkan bantalan “Air” yang tengah pada masa pengenalan pada masyarakat.

Kini, Nike Air Force 1 Low jadi sepatu kasual yang sudah banyak dikenal para penikmat kultur sneaker. DJ Clark Kent pernah menyebut seri ini adalah wajib punya bila penggemarnya mendaku sebagai penggila sepatu bersol karet.

Nike Air Force 1 Low LV8 “Devin Booker” akan dirilis pada 3 Juni 2019 dengan harga yang belum ditentukan.

Foto: Foot Locker, Arsip Daring Nike Basketball

Komentar