IBL

Mantan pemain tim nasional Jerman dan bintang NBA Dirk Nowitzki ditunjuk sebagai duta Piala Dunia FIBA (FIBA World Cup) 2019. Nowitzki menjadi ikon ketiga setelah Yao Ming dan Kobe Bryant. Mereka akan ikut kegiatan promosi Piala Dunia FIBA 2019, termasuk Tour Trophy sebelum turnamen berlangsung pada bulan Agustus mendatang.

Nowitzki memiliki karier di timnas Jerman lebih dari dua dekade. Ia juga sudah mengikuti berbagai kejuaraan FIBA sejak 1999 hingga 2015 lalu. Pada tahun 2002, Nowitzki menjadi bagian dari timnas Jerman yang mendapatkan medali perunggu di Piala Dunia FIBA. Ia dinobatkan sebagai MVP dengan rata-rata 24,0 poin per pertandingan. Itu merupakan prestasi terbaik Jerman di kejuaraan setingkat Piala Dunia dan Olimpiade.

Tiga tahun kemudian (2005) Nowitzki membawa Jerman ke Final FIBA EuroBasket. Sayangnya, mereka harus puas berada di tempat kedua, setelah kalah dari Yunani. Pada tahun 2006, Nowitzki menjadi pemain yang mencetak 47 poin dalam satu pertandingan Piala Dunia FIBA. Saat itu, Jerman menang 108-103 (OT) atas Angola di babak penyisihan Piala Dunia FIBA 2006 di Jepang.

Prestasi berikutnya, Nowitzki membawa Jerman ke Final Turnamen FIBA Kualifikasi Olimpiade Zona Eropa. Prestasi tersebut mengakhiri catatan buruk timnas Jerman yang pernah absen hampir 16 tahun dari Olimpiade. Sebagai penghormatan, Nowitzki mendapatkan kehormatan sebagai pembawa bendera Jerman pada pembukaan Olimpiade Beijing.

Pada tahun 2011, ia membawa Dallas Mavericks juara NBA untuk pertama kalinya. Gelar tersebut semakin lengkap dengan terpilih sebagai MVP Finals NBA. Sedangkan tahun 2015, Nowitzki tampil sebagai pemain timnas Jerman untuk yang terakhir kalinya pada EuroBasket di Lithuania.

Awal bulan ini, Nowitzki sudah menyelesaikan musim ke-21 di NBA. Ia menghabiskan seluruh karir profesionalnya bersama Dallas Mavericks. Sebagai duta Piala Dunia FIBA 2019, Nowitzki akan membantu mempromosikan turnamen akbar tersebut. Termasuk kegiatan Road to China 2019 dan Tour Trophy.

"Saya sangat bersemangat untuk menjadi duta Piala Dunia FIBA 2019. Merupakan suatu kehormatan bisa bergabung dengan Yao Ming dan Kobe Bryant. Mereka adalah rekan sekaligus saingan terberat saya," ungkap Nowitzki, seperti dilansir fiba.basketball. "Selama dua dekade terakhir, saya melihat perkembangan pemain internasional. Membantu Jerman mendapatkan medali perunggu di Piala Dunia FIBA 2002 Indianapolis menjadi saat-saat terbaik dalam karier saya."

Sebagai duta pertama, Yao Ming sudah ikut dalam peluncuran logo dan maskot. Kemudian berkeliling selama 16 bulan ke beberapa negara yang menggelar Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019. Lalu Kobe Bryant sebagai duta kedua, ikut dalam peluncuran bola resmi untuk pertandingan, serta bertugas di undian babak utama. Sementara itu, Yao, Kobe, dan Nowitzki nantinya akan bertugas dalam Tour Trophy sebelum turnamen dimulai 31 Agustus 2019 mendatang. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar