IBL

Mantan bintang NBA dan tim nasional Amerika Serikat, Kobe Bryant, dinobatkan sebagai dua Piala Dunia FIBA 2019, pada Rabu, 31 Oktober 2018. Kobe akan bergabung dengan Yao Ming menjadi duta turnamen basket terbesar di dunia yang akan berlangsung di Cina, Agustus 2019 mendatang.

Kobe dianggap pantas menjadi duta karena selama 20 tahun berkarir di basket profesional berhasil mencetak prestasi luar biasa. Kobe memenangkan lima gelar NBA bersama Los Angeles Lakers, kemudian dua medali emas Olimpiade bersama Amerika Serikat. Dia juga dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah basket dunia.

Popularitas Kobe di Cina juga luar biasa. Faktanya, Kobe menjadi pemain NBA yang punya pengikut cukup banyak di media sosial dari Tiongkok. Jumlahnya sekitar 6,84 juta pengikut. Kobe akan bersanding dengan Yao Ming yang kini menjadi Presiden Asosiasi Bola Basket Cina. Sebagai duta Kobe dan Yao bertugas membantu promosi Piala Dunia FIBA baik di Cina dan seluruh dunia pada umumnya.

"Saya tumbuh di Italia dan beberapa kali mengunjungi Cina, saya selalu menghargai dampak global bola basket untuk perkembangan positif anak muda. Saya merasa terhormat mendapatkan tugas ini dari FIBA sebagai duta Piala Dunia 2019. Saya berharap bisa mengispirasi sekaligus memberi motivasi untuk pemain terbaik dari 32 negara peserta agar mereka menunjukkan kemampuan terbaik di panggung ini. Saya juga penasaran, siapa yang menjadi juara tahun depan," kata Kobe, seperti dilansir fiba.com.

Yao Ming sebagai duta pertama ikut dalam peluncuran logo dan maskot. Kemudian ia berkeliling untuk melihat kualifikasi Piala Dunia di beberapa negara. Lalu puncaknya upacara hitung mundur 100 hari jelang Piala Dunia. Sedangkan Kobe juga punya tugas sama seperti Yao. Ia harus berkeliling melihat kualifikasi di beberapa negara. Puncaknya, Kobe akan hadir dalam drawing Piala Dunia yang berlangsung di Shenzhen pada 16 Maret 2019 mendatang.(*)

Foto: fiba.com

Komentar