IBL

Singapore Slingers berhasil menahan BTN CLS Knights Indonesia di gim kedua Final ABL 2018-2019, Minggu, 5 Mei. Masih berlangsung di OCBC Arena Singapura, Slingers menang atas tamunya 77-57.

Kembalinya Jerran Young yang sempat tidak melanjutkan laga di gim pertama memberi tambahan amunisi bagi Slingers. Young bersama forwarda lokal Han Bin Ng sama-sama mencetak 14 poin. Poin terbanyak Slingers datang dari Xavier Alexander dengan 16 poin. Dari CLS Knights, Douglas Herring terbanyak dengan 18 poin, Maxie Esho 12 poin.

Slingers menguasai kuarter pertama. Buruknya akurasi CLS Knights membuat Brandon Jawato dan kawan-kawan hanya mencetak 9 angka di kuarter ini. Akurasi CLS Knights hanya 23,5 persen. Tripoin dari Brandon Jawato membuka poin bagi CLS Knights. Kuarter pertama ditutup dengan keunggulan Slinger 21-9. Kuarter ini juga menandai kembalinya Wong Wei Long yang masuk di tiga menit terakhir.

Akurasi CLS Knights membaik di kuarter kedua. Dari 16 tembakan, 10 di antaranya tepat sasaran. CLS Knights bahkan unggul 21-19 atas Slingers. Maxie Esho sudah membukukan 10 poin. Sementara di kubu Slingers, John Fields 15 poin dan cukup dominan dengan 63,6 persen tembakannya menghasilkan angka.

Walau mendapat perlawanan yang lebih seimbang dibanding kuarter pertama, Slingers bermain stabil di kuarter ketiga. Sebanyak 17 angka di kuarter ketiga dihasilkan merata oleh beberapa pemain. Xavier Alexander jadi yang paling produktif dengan tujuh angka tambahan.

Unggul 11 angka di akhir kuarter ketiga, selain berhasil menahan gempuran CLS Knights, para pemain Slingers masih wangi. Keunggulan menjadi semakin lebar. Sekitar tiga menit sebelum laga usai, kepala pelatih CLS Knights memutuskan menarik semua pemain starter. Aksi ini juga dilakukan oleh Slingers.

Secara keseluruhan, akurasi CLS Knights hanya 36,1 persen. Slingers lebih baik dengan 45,9 persen. Slingers juga unggul dalam merebut rebound, dan berhasil memanfaatkan 20 turn over CLS Knights menjadi 18 poin. 

Laga ketiga akan berlangsung di GOR Kertajaya Surabaya tanggal 8 Mei. Dua laga di Surabaya memberi peluang cukup besar bagi CLS Knights untuk merebut kemenangan.

Sebelum laga dimulai, ABL mengumumkan para peraih penghargaan atau anugerah di musim ini. Coach of the Year atau pelatih terbaik diraih oleh Dean Murray, kepala pelatih Formosa Dreamers. Senter Slingers John Fields merebut gelar pemain bertahan terbaik. Bobby Ray Parks Jr. menerima penghargaan sebagai pemain terbaik lokal atau Local MVP, dan pemain impor terbaik direbut oleh forwarda Slingers Xavier Alexander.(*)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar