IBL

Portland Trail Blazers berhasil mengalahkan Denver Nuggets 140-137. Blazers bermain sampai babak tambahan (overtime) keempat di pertandingan itu. Garda Blazers C.J. McCollum bermain sampai 60 menit. Senter Nuggets Nikola Jokic bermain 65 menit.

Pertandingan Blazers dan Nuggets menjadi pertandingan kedua yang mencapai empat kali overtime. Pertandingan pertama yang mencapai itu terjadi pada 1953. Saat itu Boston Celtics harus menghadapi Syracuse Nationals di semifinal Divisi Timur.

Itu artinya, sudah 66 tahun berlalu sejak pertandingan dengan empat overtime pertama. Banyak hal berubah sejak itu. Pemain-pemain NBA 1953 bahkan sudah pensiun semua.

Kali ini saya berusaha membawa kembali memori NBA 1952-1953, termasuk pertandingan empat overtime pertama dalam sejarah NBA. Saat itu, ada beberapa hal menarik yang terjadi.

10 Tim NBA

Peserta NBA pada 1953 belum sebanyak dewasa ini. NBA saat itu hanya punya 10 klub yang dibagi ke dalam dua divisi: Timur dan Barat. Divis Timur dihuni New York Knicks, Syracuse Nationals, Boston Celtics, dan Baltimore Bullets. Divisi Barat dihuni Minneapolis Lakers, Rochester Royals, Fort Wayne Pistons, Indianapolis Olympians, dan Milwaukee Hawks. Masing-masing klub bermain sebanyak 70 kali di musim reguler.

Minneapolis Lakers Juara

Sebelum pindah ke Los Angeles, Lakers sempat bermukim di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat. Mereka keluar sebagai juara pada 1953 setelah mengalahkan New York Knicks. Lakers menang dalam lima pertandingan (4-1).

Tanpa MVP

Pada 1952-1953, gelar pemain terbaik NBA belum ada. Gelar itu baru diberikan pada 1956. Bob Petit, St. Louis Hawks, saat itu menjadi penerima pertama gelar pemain terbaik. Petit kini masuk ke deretan Hall of Fame.

Mark Workman, Pilihan Pertama 1952

Mark Workman merupakan pebasket asal Charleston, West Virginia. Ia bermain untuk West Virginia University sebelum terjun ke NBA. Milwaukee Hawks kemudian memilih Workman di urutan pertama Draft 1952. Namun, ia memilih untuk mengikuti tur bersama Harlem Globetrotter ke Eropa. Workman hanya tampil sebanyak lima kali bersama tim itu sampai ditukar ke Philadelphia Warriors. Pada 1953, ia kemudian pindah ke Baltimore Bullets.

Don Meineke Jadi Rookie of the Year

Meski tidak ada gelar pemain terbaik, NBA memberikan penghargaan Rookie of the Year pertama kepada ruki terbaik mereka. Saat itu Don Meineke, Fort Wayne Pistons, terpilih sebagai ruki terbaik. Menariknya, Meineke memimpin perolehan pelanggaran dan diskualifikasi pada 1952-1953. Ia membuat dirinya didiskualifikasi sebanyak 26 kali. Itu merupakan rekor diskualifikasi terbanyak dalam satu musim di NBA.

Bob Cousy

Bob Cousy membela Boston Celtics ketika mereka menghadapi Syracuse Nationals di semifinal Divisi Timur 1953. Di pertandingan kedua, ketika empat kali overtime pertama di NBA terjadi, Cousy mencetak 50 poin. Ia bermain hingga 66 menit.

Red Rocha dan Paul Seymour

Red Rocha dan Paul Seymour membela Syracuse Nationals ketika menghadapi Boston Celtics di semifinal Divisi Timur. Mereka mencetak masing-masing 19 dan 18 poin ketika pertandingan berlangsung sampai empat kali overtime. Keduanya bermain hingga 67 menit.

George Mikan

George Mikan, Minneapolis Lakers, memimpin setidaknya 15 kategori statistic di playoff 1953. Ia memimpin dalam hal menit bermain, jumlah tembakan masuk, jumlah percobaan tembakan, jumlah tembakan dua poin, jumlah percobaan tembakan dua poin, jumlah tembakan gagal, jumlah tembakan gratis, jumlah percobaan tembakan gratis, jumlah rebound, jumlah rebound per pertandingan, jumlah poin, tingkat efisiensi, defensive win shares, win shares, dan win shares per 48 menit.

Pemimpin Statistik

Neil Johnson, George Mikan, dan Bob Cousy menjadi tiga nama pemimpin dalam tiga kategori statistik musim reguler 1952-1953. Johnson, Philadelphia Warriors, memimpin perolehan poin dengan total 1564 poin. Mikan, Minneapolis Lakers, memimpin rebound dengan 1007 rebound. Cousy, Boston Celtics, memimpin asis dengan 547 asis.

Lima Utama Terbaik

George Mikan (Minneapolis Lakers), Neil Johnson (Philadelphia Warriors), Bob Cousy (Boston Celtics), Ed Macauley (Boston Celtics), dan Dolp Schayes (Syracuse Nationals) menjadi lima pemain utama terbaik NBA (All-NBA First Team). Mereka membuktikan diri sebagai pemain elit selama satu musim. Kelimanya bermain di musim reguler dalam kurun waktu 31 Oktober 1952 sampai 17 Maret 1953.

Foto: NBA

Komentar