TIMNAS

Pada artikel "Empat Faktor Penting Pembawa Kemenangan untuk Sebuah Tim Basket" telah dibahas bahwa faktor terpenting dalam menentukan kemenangan sebuah tim basket pada suatu pertandingan adalah shooting (tembakan) dengan proporsi sebesar 40%. Pengukuran yang digunakan pada faktor tembakan adalah eFG% (effective Field Goal Percentage).

Apakah bedanya eFG% dengan FG%?

FG% adalah persentase percobaan tembakan yang menghasilkan angka, selain dari free throw. Rumus untuk menghitung FG% adalah dengan cara membagi jumlah tembakan yang menghasilkan angka dengan total percobaan tembakan.

FG% = FGM/FGA

FGM = 2PM + 3PM

Sehingga:

FG% = (2PM + 3PM)/FGA

eFG% adalah FG% yang membedakan nilai tembakan tiga angka (3P) dengan tembakan dua angka (2P). Berdasarkan rumus ini, tembakan 3P memiliki nilai yang lebih tinggi sebanyak 1,5 kali atau 1 PTS lebih besar daripada 2P.

eFG% = (2PM + 1,5 x 3PM)/FGA

Apabila memilih menggunakan FGM untuk menggantikan 2PM, maka rumusnya adalah:

2PM = FGM – 3PM

eFG% = ((FGM – 3PM) + 1,5 x 3PM)/FGA

Sehingga:

eFG% = (FGM + 0,5 x 3PM)/FGA

Mengapa menggunakan eFG% daripada FG%?

Mari simak ilustrasi berikut ini:

Suatu pertandingan antara tim A dengan tim B memiliki jumlah percobaan tembakan (FGA) yang sama, yaitu masing-masing sebanyak 60 FGA, dengan mengabaikan variabel REB, TOV, dan FT. Tim A dengan FG% sebesar 33% ternyata berhasil mengalahkan tim B dengan FG% sebesar 40%. Bagaimanakah hal tersebut dapat terjadi? Silahkan lihat tabel di bawah ini:

Pada ilustrasi di atas menunjukkan bahwa pengukuran eFG% yang memperhitungkan perbedaan nilai pada variabel 3P memiliki keakuratan yang lebih baik daripada FG%. Hal tersebutlah yang menjadi alasan utama mengapa evaluasi dengan menggunakan eFG% merupakan pilihan yang lebih baik daripada FG%.

Seberapa pentingnya eFG% di NBA?

eFG% memiliki peran yang semakin bermakna di NBA sejak semakin populernya sistem permainan positionless, kebangkitan Miami Heat, dan meningkatnya serangan yang mengandalkan tembakan 3P di era 2010an (baca majalah Mainbasket edisi 79/April 2019).

Tabel di bawah ini merupakan daftar tim 3 besar dengan angka eFG% yang tertinggi pada setiap musim kompetisinya sejak periode 2010-2011 sampai 2017-2018:

Keterangan:

Hijau: Juara NBA

1: Finalis NBA

2: Finalis wilayah barat

3: Finalis wilayah timur

4: Juara konfrensi barat pada musim kompetisi

5: Juara konfrensi timur pada musim kompetisi

Tabel di atas memberikan gambaran mengenai pentingnya peran eFG% terhadap pencapaian tim-tim NBA dalam upaya meraih gelar juara NBA pada masa kini:

Berapakah rata-rata eFG% di NBA?

Rata-rata eFG% pada musim kompetisi NBA periode 2018-2019 adalah 52,4%. Angka tersebut adalah rata-rata eFG% per musim yang tertinggi pada sepanjang sejarah NBA, seiring dengan peningkatan strategi permainan yang mengandalkan tembakan 3P di NBA.(*)

Foto: Satrio Wicaksono

Komentar