IBL

Oklahoma City Thunder tidak pernah menembus final NBA lagi sejak 2012. Mereka bahkan sempat absen di playoff pada 2014-2015 yang berujung pemecatan Kepala Pelatih Scott Brooks. Untungnya, mereka bisa kembali ke playoff dengan adanya kepala pelatih baru, Billy Donovan, di musim berikutnya.  

Donovan sendiri sebenarnya kesulitan menangani Thunder di playoff. Mereka selalu terhenti di putaran pertama sejak 2016. Thunder tumbang dari Dallas Mavericks (2016), Houston Rockets (2017), Utah Jazz (2018), dan Portland Trail Blazers (2019).

Kendati demikian, posisi Donovan sebagai kepala pelatih tampaknya akan aman. Manajer Sam Presti berencana memperpanjang kontraknya untuk lima tahun ke depan. Ia mengatakan, timnya memang tidak ingin mengganti pelatih pada Senin, 29 April 2019 waktu setempat.

Presti hanya meminta tim mengubah pandangannya soal persaingan NBA, terutama untuk Russell Westbrook. Garda utama andalan mereka itu boleh saja mencetak rata-rata tripel-dobel, tetapi ia terlalu banyak berulah. Westbrook melakukan 16 kali technical foul yang menyebabkan dirinya kena sanksi. Belum lagi masalahnya dengan para wartawan di ruang konferensi pers.

Oleh karena itu, Presti membutuhkan bantuan Donovan untuk mengubah Thunder. Mereka mesti melihat semuanya dengan cara berbeda. Apalagi Thunder hanya menang 15 kali dari total 34 pertandingan di playoff selama empat musim ke belakang. Padahal mereka punya rekor yang lebih baik di musim reguler dengan rekor 199-129.

Presti mengatakan, dirinya akan membicarakan hal ini dengan Donovan. Mereka ingin mencari jalan keluar supaya Thunder bisa melakukan sesuatu yang lebih baik musim depan. Sebab, Thunder juga tampil buruk dalam kurun waktu Februari sampai Maret 2019. Padahal mereka sebelumnya bisa berada di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Timur.

“Saya pikir dia bekerja dengan baik,” kata Presti seperti dikutip Associated Press. “Namun, pekerjaan itu memang sulit. Kita dapat menyusun permainan terbaik atau merasa sebagai tim yang benar-benar bagus, tetapi kadang-kadang itu tidak membuahkan hasil karena ada begitu banyak faktor dan kekuatan lain yang bersaing di dalamnya.”

Selama semusim ini, Donovan memang harus berurusan dengan beberapa masalah. Andre Roberson, misalnya, tidak bisa tampil semusim penuh karena cedera lutut. Paul George sempat mengalami cedera bahu. Thunder juga harus melepas Alaex Abrines karena alasan pribadi. Belum lagi masalah Westbrook tadi.

Untungnya, Donovan masih sempat menyelamatkan tim untuk menembus playoff. Mereka berakhir di peringkat enam dengan rekor 49-33. Presti pun mengharapkan lebih banyak hal dari Donovan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar