IBL

Nikola Jokic tampil cemerlang ketika membela Denver Nuggets di playoff putaran pertama NBA 2018-2019. Pasalnya, ia selalu mampu mencetak dobel digit poin di setiap pertandingan pascamusim reguler.

Paling sedikit ia mencetak 10 poin. Itu pun dengan tambahan 14 rebound dan 14 asis.

Jokic kemudian tampil gemilang lagi di pertandingan keenam melawan San Antonio Spurs. Ia mencetak rekor 43 poin saat itu. Namun, timnya kalah 103-120 di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Kamis 25 April 2019 waktu setempat.

Menurut catatan StatMuse, perolehan poin Jokic itu merupakan yang terbanyak dalam sejarah Nuggets di playoff. Sebab, tidak ada satu pun pemain tim asal Denver itu pernah menyentuh perolehan serupa. Padahal Nuggets sempat punya pencetak angka ulung sekelas Dan Issel, Alex English, sampai Carmelo Anthony yang sangat ofensif.

“Dia bermain hebat malam ini, dia melakukan tugasnya, dengan baik” kata Jakob Poetl, senter Spurs yang berhadapan dengan Jokic, per The Athletic. “Namun, kami rasa kami membalasnya dengan kerja sama tim. Kami punya beberapa pemain datang dan mencetak poin penting. Mereka berkontribusi dengan caranya masing-masing.”

Dengan perolehan yang sama, Jokic menjadi pecentak poin dalam satu pertandingan terbanyak ketiga di playoff musim ini. Damian Lillard (50) dan Kevin Durant (45) mencetak lebih banyak poin darinya. Namun, rekor tetaplah rekor. Jokic telah menancapkan dirinya dalam peta persaingan pemain elit.

Jokic bahkan mampu menambahkan 12 rebound dan 9 asis di pertandingan keenam itu. Menurut NBA.com/stats melalui cuitannya di Twitter, perolehan itu membuatnya bergabung dengan Charles Barkley, Earvin Johnson, dan Oscar Robertson. Mereka juga pernah mencetak 43+ poin, 12+ rebound, dan 9+ asis di playoff.

Dengan segala catatannya di playoff musim ini, kontributor Forbes Andy Bailey tidak segan menyebutnya pemain terbaik di playoff putaran pertama.

“Dia memimpin dalam hal Box Plus-Minus, Defensive Plus-Minus, Wins Over Replacement Player, Offensive Win Shares, dan persentase total rebound,” tulis Bailey di Forbes.com. “Dia pemain lima teratas dalam Win Shares, persentase asis, dan asis per pertandingan.”

Kendati begitu, Jokic akan menghadapi ujian berat di pertandingan penentuan alias pertandingan ketujuh. Nuggets harus mengalahkan Spurs jika ingin melaju ke putaran kedua (semifinal wilayah). Mereka akan bertanding lusa di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat.

Sosok Jokic akan kembali menjadi penentu penting dalam pertandingan nanti. (GNP)

Foto: NBA

Komentar