IBL

Senin malam, 22 April 2019, Milwaukee Bucks menyapu bersih Detroit Pistons di putaran pertama NBA Playoff 2019. Memainkan gim keempat di Little Caesars Arena, Detroit, Michigan, Amerika Serikat, Bucks tampil perkasa di paruh kedua dan menutupnya dengan kemenangan telak 127-104 (4-0).

Hasil ini membuat Bucks memastikan diri lolos ke semifinal Wilayah Timur untuk pertama kalinya sejak 2001. Kala itu, Bucks yang digawangi oleh legenda-legenda NBA seperti Ray Allen, Glenn Robinson dan Sam Cassell melaju hingga babak final wilayah sebelum kalah atas Philadelphia 76ers dalam tujuh gim.

Selain itu, ini menjadi kali pertama sejak 1985-1986 Bucks melewati putaran pertama playoff tanpa menelan kekalahan. Semenjak organisasi ini berdiri pada 1968-1969, ini adalah kali ketiga Bucks melakukan hal serupa.

Di gim keempat ini, Giannis Antetokounmpo masih setia menjadi pemain terbaik untuk Bucks. Bermain 32 menit, Giannis mengemas 41 poin, 9 rebound, 3 asis, dan 4 blok dari 12/23 tembakan (52 persen). Jumlah poin tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang karir Giannis bermain di babak playoff.

Catatan 41 poin tersebut juga membuat Giannis menjadi pemain pertama sejak Ray Allen (2001) yang mencatatkan jumlah poin serupa. Dalam sejarah tim, hanya ada empat pemain yang mampu mencetak lebih dari 40 poin dalam satu pertandingan playoff dengan Kareem Abdul-Jabbar menjadi yang terbanyak (46 poin) pada 1970.

Di luar Giannis, Khris Middleton turut menyumbangkan 18 poin dan 4 rebound. Eric Bledsoe menyusul dengan 16 poin dan 5 asis. Sementara Nikola Mirotic melengkapi daftar pencetak angka dengan digit ganda usai mengemas 12 poin plus 3 rebound.

Pistons sendiri masih berpusat pada tiga pemain andalan mereka. Blake Griffin mengemas 22 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Sayangnya, ia harus meninggalkan lapangan lebih cepat dan hanya bermain 28 menit lantaran terkena fouled out.

Reggie Jackson menjadi top skor tim dengan 26 poin dan 7 asis sementara Andre Drummond setia dengan dobel-dobel, 15 poin dan 12 rebound. Luke Kennard dan Langston Galloway memberi sumbangsih terbesar di luar tiga pemian tersebut. Luke mencatatkan 11 poin disusul Langston satu poin di bawahnya.

Lawan Bucks di semifinal adalah Boston Celtics yang juga menyapu bersih lawan mereka di putaran pertama, Indiana Pacers. Bucks dan Celtics juga bertemu di playoff musim lalu. Bedanya, saat itu kedua tim bertemu di putaran pertama dan Celtics yang mendapatkan keuntungan laga kandang keluar sebagai pemenang dalam tujuh laga. Di pertemuan kali ini, keuntungan tersebut akan dimiliki oleh Bucks.

Babak semifinal wilayah sendiri akan dimulai di akhir April, di antara tanggal 27-30. Nantinya aka nada pengumuman resmi dari NBA tentang hal tersebut.  (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar