IBL

Merpati Bali masuk ke babak semifinal setelah mengalahkan Flying Wheel Makassar dengan skor 80-47 di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Yogyakarta, Senin, 22 April 2019. Itulah keuntungan yang didapatkan oleh tim yang menempati Grup A. Karena hanya berisi tiga tim saja, maka langsung lolos ke semifinal setelah memenangkan satu pertandingan. Merpati sebagai pemimpin klasemen musim reguler berhasil menundukkan Flying Wheel yang berada di peringkat akhir.

Husna Aulia Latifah dan Putu Tiana Widiastari sama-sama mencetak 14 poin untuk Merpati Bali. Sedangkan Dora Lovita menambahkan 10 poin dan sembilan rebound. Di kubu Flying Wheel, Jumriah HL menyumbang 21 poin, lalu Vivi Dian Arini mencetak 12 poin.

Kemenangan Merpati tidak didapat dengan muda. Flying Wheel memberikan perlawanan sengit di pertandingan playoff tersebut. Di kuarter pertama, Merpati unggul 16-12. Kemudian di kuarter kedua, Merpati memperlebar jarak menjadi tujuh poin (34-27).

Pemain-pemain Merpati melakukan 12 pelanggaran yang membuat Flying Wheel bisa memetik poin dari tembakan gratis. Kepala Pelatih Bambang Asdianto Pribadi juga lebih banyak memberikan kesempatan untuk pemain bangku cadangan di babak pertama ini. Merpati beruntung karena akurasi tembakan Flying Wheel kurang baik di dua kuarter awal. Mereka hanya mencetak 29 persen akurasi (7 dari 24 percobaan tembakan).

Di paruh kedua, Merpati meninggalkan Flying Wheel. Bahkan di kuarter keempat, Merpati unggul 22-5. Merpati memimpin 33 poin di akhir pertandingan.

Merpati dipastikan lolos ke semifinal. Meski belum diketahui posisinya di peringkat pertama atau kedua. Karena Merpati masih harus bertanding melawan Sahabat Semarang, Rabu, 24 April 2019. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar