IBL

NBA Playoff 2019 menelurkan hasil yang cukup mengejutkan di gim pertama. Kekalahan  Toronto Raptors atas Orlando Magic, lalu diikuti kekalahan Philadelphia 76ers dari Brooklyn Nets, adalah salah dua hal yang cukup mengejutkan. Lalu ada pula penampilan tak terduga dari pemain yang juga tak terduga, Derrick White, untuk San Antonio Spurs yang sejauh ini masih berjibaku dengan Denver Nuggets.

Meski banyak berisi kejutan, ternyata NBA Playoff 2019 ini tidak cukup banyak menarik perhatian penonton layar kaca Amerika Serikat. Hal tersebut baru saja dibeberkan oleh Fox Sports. Melalui kontributor mereka, Michael Mulvihill, statistik menunjukkan bahwa rating televisi NBA Playoff 2019 mengalami penurunan 26 persen dari musim sebelumnya.

Jumlah tersebut menempatkan NBA Playoff 2019 sebagai gelaran olahraga Amerika Serikat yang mengalami penurunan rating terbesar di antara gelaran-gelaran lain. Di bawah mereka ada playoff dari National Hockey League (NHL) yang turun sebanyak 16 persen. Menariknya, statistik ini menunjukkan bahwa gelaran musim reguler NBA juga mengalami penurunan sebesar 5 persen. Di sisi lain, turnamen milik NCAA yang bertajuk March Madness justru mengalami peningkatan rating hingga 9 persen.

Beberapa hal diyakini menjadi penyebab penurunan drastis rating NBA Playoff 2019. Salah satunya adalah absennya bintang terbesar NBA dalam satu dekade terakhir, LeBron James. Sebagaimana diketahui, LeBron yang memutuskan pindah ke Los Angeles Lakers musim ini gagal membawa timnya lolos ke playoff. Lakers bahkan harus puas menutup musim reguler sebagai peringkat 10 Wilayah Barat.

Bukan rahasia umum bahwa kehadiran LeBron memang cukup menarik banyak minat penonton. Selain karena permainannya, segala pernak-pernik cerita hidup LeBron selalu menarik untuk ditunggu. Belum lagi fakta bahwa LeBron selalu melaju hingga ke final di delapan musim beruntun membuat NBA Playoff selalu dinanti penggemar.

Selain kehadiran LeBron, kemungkinan lain adalah “kelelahan” penonton melihat dominasi Golden State Warriors. Dominasi Warriors yang selalu ke final dalam empat musim terakhir dan menjadi juara di tiga perjalanannya memang cukup mengurangi antusiasme persaingan playoff. Meski tim-tim seperti Houston Rockets, Milwaukee Bucks, dan Raptors cukup menjanjikan, susunan pemain Warriors secara skeptikal membuat penonton di Amerika Serikat sana tak tertarik melihatnya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar