IBL

Dirk Nowitzki, forwarda Dallas Mavericks, akhirnya memutuskan pensiun dari kariernya di NBA. Ia telah melakoni pertandingan terakhirnya di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, Selasa 9 April 2019 waktu setempat. Nowitzki dan timnya menang dari Phoenix Suns 120-109.

Saat itu, Mavericks memperlakukan Nowitzki dengan istimewa. Mereka memutar video untuk mengenang kembali perjalanan sang pemain. Nowitzki bahkan sampai berkaca-kaca. Bagaimanapun, Dallas adalah rumahnya selama 21 tahun. Ia hanya membela Mavericks selama dua dekade itu.

Nowitzki lalu berbicara kepada publik seusai pertandingan. “Seperti yang kalian duga, ini adalah pertandingan kandang terakhir saya,” katanya.

Pemain berkebangsaan Jerman itu memang tidak menjelaskan rencana pensiunnya sebelum ini. Ia bahkan tampak ingin bermain lagi musim depan. Namun, klub dan berbagai pihak seperti NBA percaya ini musim terakhirnya. Mereka cenderung membuatnya tampak seperti itu dengan tur perpisahan.

Nowitzki mengatakan, keputusannya untuk pensiun terjadi karena ia sudah merasa tua. Ia absen 26 kali di awal musim karena cedera engkel. Fisiknya sudah sulit menunjang permainannya.

“Saya mencoba nafas yoga, tetapi itu tidak bekerja dengan baik,” ujar Nowitzki berkelakar.

Kendati begitu, Nowitzki berhasil menutup pertandingan kandang terakhirnya dengan gemilang. Ia mencetak 30 poin ketika Mavericks mengalahkan Suns. Mereka akan kembali tampil besok melawan San Antonio Spurs. Mavericks akan benar-benar menutup musim saat itu. Sebab, mereka tidak lolos ke playoff. (GNP)

Foto: NBA

Komentar