IBL

Kristaps Porzingis, forwarda anyar Dallas Mavericks, semakin menunjukkan perkembangan. Kepala Pelatih Rick Carlisle bahkan menilai positif perkembangan pemainnya itu. Ia mengatakan, Porzingis berlatih dengan baik bersama unit pertama Mavericks pada Kamis, 4 April 2019 waktu setempat.

Pemain berkebangsaan Latvia itu memang sudah pulih dari cedera lututnya. Namun, Mavericks belum mau memainkannya. Mereka berencana memainkan Porzingis musim depan. Manajemen sudah mengatakan itu sejak kedatangannya pada bursa transfer lalu. Apalagi Mavericks juga tidak akan tampil di playoff karena gagal menembus ke babak itu.

Porzingis sudah berlatih dengan tim selama sebulan. Carlisle sangat senang dengan kehadiran sang pemain. Mavericks tidak sabar untuk memasangkan Porzingis dengan calon ruki terbaik NBA 2018-2019, Luka Doncic. Mereka berharap keduanya bisa menjadi tampuk kekuatan tim untuk tahun-tahun ke depan.

Belakangan, Carlisle juga mulai mencari bentuk terbaik untuk memainkan Porzingis. Ia meramu sistem yang dapat mendukung permainannya. Entah ketika bermain di pos maupun di belakang busur tripoin.

Selama ini, Porzingis memang terkenal sebagai forwarda yang tidak hanya bermain di pos, tetapi juga piawai melepas tembakan tiga angka. Ia rata-rata mencetak 17,8 poin dengan akurasi tembakan mencapai 43,7 persen selama tiga tahun bersama New York Knicks. Persentase tripoinnya berada di angka 36,1 persen dalam kurun waktu yang sama.

Selain itu, Porzingis juga mampu meraih bola-bola pantul dan melakukan blok dengan tingginya yang menjulang 221 sentimeter. Ia meraih rata-rata 7,1 rebound dan 1,3 blok per pertandingan.

Musim lalu, Porzingis hanya bisa tampil sebanyak 48 kali karena melukai anterior cruciate ligament (ACL) pada lututnya. Namun, ia mampu mencetak rata-rata 22,7 poin, 6,6 rebound, 1,2 asis, dan 2,4 blok per pertandingan. Porzingis kemudian harus istirahat selama lebih dari satu musim pascaoperasi.

Kendati demikian, dengan kabar dari Carlisle hari ini, Porzingis tampaknya baik-baik saja. Sang pemain sibuk menyiapkan diri untuk melakoni musim perdananya bersama Mavericks. Para pendukung hanya tinggal menunggu hingga saatnya tiba. (GNP)

Foto: NBA

Komentar