IBL

Tim-tim NBA semakin serius menghadapi tingkah lagu penggemar yang melakukan tindakan atau cercaan rasis. Terbaru, Boston Celtics memastikan salah satu penggemar mereka yang melakukan hal serupa tidak akan kembali lagi mendukung mereka di TD Garden di sisa musim ini dan keseluruhan musim depan. Secara total, penggemar yang tidak disebutkan namanya tersebut akan mendapat hukuman selama dua tahun.

Penggemar tersebut mendapatkan hukukan setelah melakukan tindakan rasis kepada senter Golden State Warriors, DeMarcus Cousins. Kejadiannya sendiri bisa dibilang sudah cukup lama, tapi dilansir oleh Yahoo Sports, hukuman resmi ini baru dipastikan minggu ini.

Ya, kejadian ini terjadi saat Warriors bertandang ke TD Garden, 26 Januari 2019. Warriors berhasil menutup gim dengan kemenangan 115-111. Namun, di tengah pertandingan, penggemar tersebut meneriaki Cousins dengan kata yang diawali huruf “N” yang merujuk pada ras Afrika-Amerika. Cousins langsung melaporkan penggemar tersebut ke salah seorang keamanan di sana dan sang penggemar langsung dibawa keluar stadion.

Kejadaian pemberian hukuman kepada penggemar yang bertindak rasis ini menjadi yang kedua di musim ini. Sebelumnya, penggemar Utah Jazz bernama Shane Keisel dihukum tidak boleh kembali menonton pertandingan Jazz sepanjang sisa hidupnya. Hal tersebut dijatuhkan lantaran ia mengucapkan cacian rasis kepada garda Oklahoma City Thunder, Russell Westbrook.

Di awal video Westbrook ini tersebar, beberapa pihak seolah menyayangkan tindakan Westbrook yang mengonfrontasi penggemar secara langsung. Namun seusai gim, Westbrook menceritakan yang terjadi bahwa Keisel meneriakkan, “Berlututlah seperti kamu dulu melakukannya.” Sebagaimana diketahui, ras Afrika-Amerika memang pernah mengalami masa kelam di era perbudakan dan jelas ucapan Keisel mengarah ke sana.

Kasus Westbrook dan penggemar Jazz bukan pertama kali terjadi. Setahun sebelumnya, penggemar Jazz lainnya pernah melakukan hal serupa dengan memanggil Westbrook dengan kata “Boy.” Kata ini juga sangat identik dengan ras tertentu di Amerika sana. Namun kala itu, tidak ada tindakan lanjutan yang diambil oleh Jazz.

Kasus rasis ini sangat berpeluang terulang di NBA di masa mendatang jika NBA tak segera mengambil langkah serius. Dalam dua kejadian di atas, NBA justru memastikan bahwa para pemain tidak melakukan perlawanan. Westbrook yang memberi konfrontasi bahkan didenda AS$25 ribu. Sementara Cousins hanya diingatkan untuk membalas. (DRMK)

Foto: NBA, Yahoo Sports

 

Komentar