IBL

Perjalanan Denver Nuggets musim ini bisa dibilang sangat spesial. Tidak diunggulkan di awal musim, Nuggets berhasil terus menjaga posisi mereka di dua besar klasemen sementara Wilayah Barat hingga jelang akhir musim. Bahkan, Nuggets hanya berjarak satu kemenangan dengan penguasa Wilayah Barat sekaligus juara bertahan NBA, Golden State Warriors.

Perjalanan apik tersebut tak lepas dari kesatuan apik tim mulai dari manajemen, pelatih, hingga pemain. Salah satu pemain yang mencolok penampilannya musim ini adalah senter mereka, Nikola Jokic. Jokic sebenarnya sudah mencuri perhatian banyak penikmat NBA di dua musim terakhir. Tapi, pencapaian apik Nuggets musim ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain terbaik di liga.

Terbaru, dalam kemenangan 113-108 Nuggets atas Washington Wizards, Kamis, 21 Maret 2019, Jokic kembali membuat sejarah. Dengan catatan 15 poin, 5 rebound, dan 11 asis, pemain yang mendapat julukan Joker ini berhasil menyamai pencapain senter legenda NBA, Wilt Chamberlain. Lebih hebat lagi, pencapaian Chamberlain ini tidak ada yang mampu menyamai dalam kurun 51 tahun belakangan.

Ya, jumlah 11 asis tersebut membuat total Jokic sudah mengemas 524 asis sepanjang musim ini. Ia menjadi satu-satunya senter dalam 51 tahun terakhir yang mampu membukukan setidaknya 500 asis dalam satu musim. Jokic sudah memainkan 69 gim musim ini. Secara rataan, pemain yang untuk pertama kali bermain di gim All Star musim ini tersebut menorehkan 7,6 asis per gim.

Chamberlain sendiri dua kali membukukan setidaknya 500 asis dalam satu musim reguler. Di musim 1966-1967, Chamberlain yang bermain 81 gim total membukukan 630 asis. Bia di rata-rata, maka Chamberlain membuat 7,8 asis per gim. Sementara satu musim setelahnya, Chamberlain mengemas total 702 asis dari 82 gim. Secara rata-rata, 8,6 asis per gim.

Jokic butuh setidaknya delapan asis per gim di sisa 11 gim Nuggets di musim reguler untuk menyamai rataan asis Chamberlain di musim 1966-1967. Sementara untuk melewati pencapaian terbaik Chamberlain, Jokic harus membuat 10 asis per gim di sisa laga. Menarik menunggu sanggupkah pemain asal Serbia ini mengejar rekor rataan asis semusim Chamberlain. Jikalau tidak terjadi pun, Jokic setidaknya sudah membukukan catatan yang luar biasa. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar