IBL

Tahun 2018 bisa jadi tahun yang besar dari Sean Wotherspoon. Siluet buatannya dirilis di Air Max Day dan masih tetap populer hingga kini. Sepatu tersebut jadi buruan para kolektor. Dan tentu saja, mereka menginginkan tampilan baru dari siluet tersebut. Meski begitu, bersamaan dengan Air Max Day 2019, kedua belah pihak mengumumkan untuk tidak lagi memproduksi siluet lanjutan Air Max 1/97.

Pemilik toko jual-beli baju seken Round Two itu berhasil memenangkan sayembara desain Nike Air Max pada 2017. Pemenangnya akan menyaksikan idenya dibuat menjadi produk yang dijual ke publik untuk gelaran Air Max Day setahun setelahnya.

Wotherspoon hadir dengan konsep klasik dan konsep hybrid yang dianggap berbeda dari kebanyakan kontestan. Ia menggabungkan bagian atas Air Max 97 lalu menerapkan kain Corduroy laiknya jaket tradisional pekerja lapangan Amerika Serikat. Sementara sol Air Max 1 dipasang untuk menampilkan ciri khas sepatu berbantalan udara milik Nike.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, sepatu Sean Wotherspoon x Nike Air Max 1/97 menjadi sohor. Para penggiat sneaker menganggap pemilihan warnanya berbeda dari kebanyakan sepatu yang beredar di tahun perilisannya yang cenderung serba futuristik. Momentumnya bertepatan dengan gaya berbusana retro yang sedang naik daun. Harga jual di pasar sekunder pun terbilang tinggi meski sepatunya bersaing dengan edisi lain.

Di tengah popularitasnya, Wotherspoon mengabarkan untuk rehat dari kerja sama yang ia jalani dengan Nike. “Saya sudah menjalani kerja sama dengan Nike, setidaknya menghasilkan siluet 1/97. Apabila Nike butuh bantuan. maka saya hadir dengan tangan terbuka. Mengepakkan sayap sendiri adalah hal yang lebih membuat saya nyaman,” tutur Wotherspoon kepada Complex terkait kabar ini. Ia sempat mengunggah sampel siluet lanjutan pada September 2018 lalu. Meski begitu, keputusannya untuk tidak terikat dengan Si Contreng sudah tak bisa dibendung. Sean Wotherspoon pun sudah mengunggah aktivitasnya dengan lini busana Guess setelah tak lagi bekerja untuk Nike.

Dengan hengkangnya Sean Wotherspoon sebagai kolaborator Nike, maka siluet karyanya bisa jadi semakin langka. Oleh karenanya, bila Anda memiliki satu, maka simpanlah dengan baik. Bisa jadi sepatu tersebut akan berharga tinggi karena sudah tidak akan diproduksi lagi.

Foto: akun instagram @sean_wotherspoon

Komentar